oleh

Buat Taman Bunga Sekolah dengan Media Limbah

PULOSARI – Para siswa di SD Negeri 01 Siremeng Kecamatan Pulosari, Pemalang melakukan penanaman bunga untuk taman sekolah dengan media limbah bekas, yang sengaja dibuat unik dan menarik.

Kepala SD Negeri 01 Siremeng Nurilah S Pdi mengatakan, untuk media penanaman bunga, pihaknya memanfaatkan limbah bekas seperti potongan-potongan bambu, tempurung kelapa, dan dari botol air mineral. Semuanya dibuat menjadi vas bunga menarik, untuk ditanami bunga di taman sekolah.

“Yang ditanam ada berbagai macam, untuk apotek hidup maupun untuk warung hidup” katanya, Sabtu (4/1).

Untuk apotek hidup adalah Tanaman Obat-obatan Keluarga (Toga), seperti jahe, kunyit, kayu manis, dan lain sebagainya. Sementara untuk warung hidup ada berbagai macam sayuran serta empon- empon.

Taman sekolah dibuat mengingat lingkungan sekolah, harus selalu terjaga kebersihan dan keindahannya. Serta agar para siswa bisa memanfaatkan limbah, yang semula hanya terbuang dan dibiarkan begitu saja, saat ini dimanfaatkan jadi tempat bunga dan tanaman.

Nurahmi, salah satu guru menambahkan, siswa diajarkan bagaimana bertanggungjawab terhadap apa yang dipelihara. Dengan merawat aneka tanaman di taman sekolah setiap hari. Sampai saat ini mereka benar-benar menjaganya dengan baik.

“Dengan sendirinya siswa sadar menjaga tanaman, sehingga semuanya bisa tertata dan tumbuh dengan bail, ” ungkapnya. (maf/ima)

Komentar

Berita Terbaru