oleh

Dinkes Orientasi 54 Siswa SD tentang STBM

TEGAL – 54 siswa dan pendamping mendapat orientasi tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Hal itu untuk memilih duta STBM sejak masih ditingkat pendidikan dasar. Sehingga saat sudah dewasa akan menjadi duta STBM dilingkunganya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal melalui Kasi Penyehatan Lingkungan dan Keselamatan Kerja Siti Halamah menyampaikan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Hal itu merupakan bagian dari strategi pendekatan STBM yang didasarkan pada peraturan menteri kesehatan RI nomor 13 tahun 2014 tentang STBM.

Strategi nasional sanitasi total berbasis masyarakat merupakan upaya sistematis untuk mendapatkan perubahan perilaku masyarakat yang higienis dan sanitair dalam menurunkan kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainya yang ada kaitanya dengan sanitasi dan perilaku.

“Kegiatan duta lingkungan sehat sanitasi total berbasis masyarakat menjadi bagian strategi STBM yang dilakukan dalam bentuk implemenrasi langsung melalui pembentukan role model sebagai enviroment influenver dalam perubahan perilaku hidup sehat,” kata Halamah.

Halamah mengungkapkan kegiatan itu juga menjadi bentuk apresiasi dan promosi atas upaya peserta didik sekolah dasar dalam perubahan perilaku hidup bersih dan sehat.

Hal itu ditindaklanjuti dengan pemilihan duta STBM tingkat kota. Dengan tujuan membentuk role model PHBS STBM pada peserta didik sejak usia pendidikan dasar. Kemudian meningkatkan pengetahuan peserta didik dan tenaga pendidik tentang STBM.

“Ditambah membangun dukungan dunia pendidikan dasar terhadap program STBM sebagai agen perubahan perilaku hidup sehat dan saniter,” pungkas Halamah. (mei/zul)

Komentar

Berita Terbaru