oleh

IBN Kembangkan Lembaga Keuangan Syariah

SLAWI – Upaya mengembangkan peran lembaga keuangan syariah, Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal menggelar seminar nasional multifinance syariah, Rabu (18/12). Seminar dipusatkan di Aula Kampus IBN dengan jumlah peserta sekitar 150 mahasiswa. Dalam seminar itu, panitia menghadirkan 2 orang narasumber. Yaitu, Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan Dr Zawawi Lc. MA dan perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tegal Atina Chalisa.

Rektor IBN Tegal Drs H Badrodin MSI mengatakan, tujuan seminar ini untuk meningkatkan wawasan ilmu bagi mahasiswanya. Terutama mahasiswa Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah. Sehingga ilmu yang diperolehnya tidak hanya dari kampus, tetapi juga dari eksternal.

“Ini dalam rangka menggairahkan mahasiswa supaya lebih senang dan bisa menambah wawasan,” ujarnya.

Dia berharap, lulusan dari IBN nanti, mampu mengelola perbankan dengan syariah yang sebenarnya. Tidak hanya simbolnya syariah, tapi pengelolaannya konvensional. Dia menyebut, ada beberapa bank yang menggunakan simbol syariah, tetapi pengelolaannya nonsyariah.

“Itu banyak sekali. Pengelolanya mayoritas bukan dari sarjana syariah,” ungkapnya.

Sementara, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IBN Tegal Royani Lc LLM menjelaskan, tema seminar ini yakni Potensi Multifinance Syariah dalam Mengembangkan Peran Lembaga Keuangan Syariah. Seminar menghadirkan dua orang narasumber. Untuk narasumber dari OJK Tegal menjelaskan tentang praktik multifinance syariah di lembaga keuangan syariah di Kabupaten Tegal. Apakah dapat mengembangkan perannya dalam memenuhi kebutuhan nasabah atau tidak.

Kemudian narasumber dari IAIN menjelaskan tentang multifinance syariah yang harus sesuai dengan Alquran dan hadis. Selain itu, tentang pelaksanaan multifinance syariah pada lembaga keuangan syariah. Apakah sudah sesuai dengan syariah apa belum.

“Harapan kami, seminar ini bisa memberikan pemahaman terhadap mahasiswa kami dan masyarakat Kabupaten Tegal,” ucapnya.

Dia menambahkan, jumlah peserta yang mengikuti seminar itu sekitar 150 mahasiswa. Sebelum menggelar seminar, panitia juga menggelar pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (HMJ FEBI) IBN Tegal.

“Pengurus yang dilantik sebanyak 24 orang,” imbuhnya. (yer/ima)

Komentar

Berita Terbaru