oleh

SMKN 2 Tegal Perangi Sampah Plastik

TEGAL – Keberadaan sampah yang mencemari lingkungan, terutama plastik, mengundang keprihatinan dari SMK Negeri 2 Kota Tegal. SMK yang berlokasi di Jalan Wisanggeni itu, mengeluarkan program yang cukup mendidik untuk memerangi sampah plastik. Setiap siswa, dianjurkan membawa peralatan makan dan minum dari rumah.

“Ini adalah Program Peduli Lingkungan, yang dilatarbelakangi banyaknya sampah di lingkungan sekolah, di mana mayoritas adalah sampah plastik bekas bungkus makanan dan minuman. Sehingga, untuk menguranginya, dengan membawa peralatan makan dan minum ke sekolah,” kata Waka Kesiswaan SMK Negeri 2 Imanudin Miftah SPd, Jumat (7/2).

Miftah mengatakan, keberadaan sampah di lingkungan sekolah dapat mengganggu kenyamanan belajar dan lebih jauh lagi, merusak lingkungan, karena untuk mengurai sebuah plastik dibutuhkan waktu hingga ratusan tahun.

SMK Negeri 2 berharap, dengan membawa peralatan makan dan minum ke sekolah, dapat mengurangi sampah plastik dari bekas bungkus makanan dan minuman.

“Serta, siswa terbiasa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah, karena hal besar dimulai dari hal-hal kecil yang terbiasa dilakukan,” ujar Miftah.

SMK Negeri 2 yang dipimpin Kepala Sekolah Sri Indrawati MPd merupakan sekolah kejuruan yang membuka jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Bisnis Daring dan Pemasaran, serta Teknik Komputer dan Jaringan. SMK Negeri 2 menekankan penguasaan teknologi untuk dimanfaatkan sebaik mungkin.

Sehingga, menciptakan iklim kondusif dalam ranah keilmuan. Dengan konsep yang kontekstual dan efektif, sekolah mengejewantahkan nilai-nilai pendidikan yang tertuang dalam visi misi. (nam/ima)

Komentar

Berita Terbaru