oleh

UPS Tegal Miliki Laboratorium Komputer Terpadu

TEGAL – Universitas Pancasakti (UPS) Tegal kini memiliki Laboratorium Komputer Terpadu yang ditenagai Processor Core i5 berkecepatan 3,70 GHz, Random Access Memory 4 GB, dan sistem penyimpanannya menggunakan teknologi terbaru, yaitu Solid State Drive (SSD), sebuah perangkat keras racikan pabrik asal Jepang. Sehingga, sangat mendukung untuk penyimpanan big data.

Laboratorium Komputer Terpadu tersebut telah diresmikan oleh Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP), bersamaan peresmian Laboratorium Budidaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Kamis (13/2).

Laboratorium Terpadu terletak di Gedung Rektorat UPS, sedang Laboratorium Budidaya Perairan terletak di sebelah Auditorium UPS.

Peresmian dihadiri Ketua YPP Dr Imawan Sugiharto SH MH, Wakil Ketua YPP Dr Eddhie Praptono SH MH, Sekretaris YPP Taufiqulloh MHum, Bendahara YPP Dr Muntoha Nasuha MPd, Wakil Rektor I Dr Ir Suyono MPi, Wakil Rektor II Dr Mohamad Khamim SH MH, Wakil Rektor III Dr Fajar Ari Sadewo SH MH, dan tamu undangan lainnya.

Wakil Rektor I Dr Ir Suyono MPi menyatakan, secara prinsip, laboratorium tersebut dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di UPS melalui peningkatan kualitas kapasitas keilmuan dan penguasaan teknologi kalangan Sivitas Akademika UPS. Pemanfaatan maksimal keberadaan laboratorium dilakukan melalui kerja sama dengan pihak luar.

“Baik pemda, perusahaan, sekolah atau perguruan tinggi lainnya,” ungkap Suyono.

Ketua YPP Dr Imawan Sugiharto SH MH mengatakan, Laboratorium Komputer Terpadu dibangun sebagai upaya meningkatkan pelayanan dan untuk menjawab tuntutan era komputasi. Laboratorium Komputer Terpadu berkapasitas 100 komputer yang berlayar 20 inchi. Perbaikan ruangan pun dibenahi secara menyeluruh dari pergantian 100 buah kursi dan meja.

Dengan AC sebanyak 5 unit dan ruangan yang tampak nyaman dengan instalasi kelistrikan serta networking rapi, komputer yang ada mampu melayani program-program desain grafis, pemrograman, mapping dan geographic program. Termasuk, bisa digunakan untuk pelatihan kelembagaan yang berbasis komputer. Misalnya, pelatihan pengelolaan jurnal, dan lainnya.

“Dengan kemampuan komputer yang kami miliki, tentu saja akan membawa dampak yang baik untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Laboratorium Komputer Terpadu mampu melayani kebutuhan berbagai macam Program Studi di UPS,” ungkap Imawan. (nam/ima)

Komentar

Berita Terbaru