oleh

Warga Desa Cibunar Diajari Cara Membuat Sakelar Otomatis

BALAPULANG – Puluhan warga Desa Cibunar Kecamatan Balapulang mengikuti pelatihan cara membuat sakelar otomatis. Bertempat di balai desa setempat, Senin (10/2) mahasiswa Undip yang sedang KKN di sana mengajari cara membuatnya.


Salah satu mahasiswa KKN Undip, Beatha Aminah Raharjoputri mengatakan, pelatihan pembuatan sakelar otomatis dengan sensor LDR dilakukan mahasiswa jurusan teknik elektro. Sedikitnya ada 30 warga mengikuti pelatihan tersebut yang ditempatkan di balai desa.

“Animo masyarakat untuk mengikuti pelatihan ini cukup tinggi. Sedikitnya ada 30 warga, terutama laki-laki yang mengikuti kegiatan tersebut,” katanya.

Warga yang hadir, tambah Betha diajari bagaimana membuat sakelar otomatis dengan sensor LDR. Ini merupakan sebuah sakelar yang akan memutus tegangan apabila sensor LDR terpapar oleh sinar cahaya. Sehingga saat malam hari, lampu yang sudah dihubungkan dengan sakelar otomatis akan menyala dan kembali tidak menyala apabila matahari sudah terbit kembali.

“Sakelar otomatis ini menggunakan bahan-bahan yang cukup murah dan mudah terjangkau. Untuk membuat sakelar otomatis ini dibutuhkan sensor LDR, 4 buah diode IN4007, 1 buah transistor SCR FIR3D, 1 buah resistor 3m3 Ohm, dan sebuah papan PCB,” tambahnya.

Seluruh bahan tersebut, lanjut Beatha akan disolder di PCB dan disatukan menjadi sebuah rangkaian. Sakelar otomatis ini cocok untuk dipasang pada lampu yang berada di depan rumah, karena selain dapat menghemat energi, keamanan rumah saat bepergian juga akan terjamin. Karena lampu akan tetap menyala pada malam hari walaupun tidak ada orang. Selain itu penggunaan sakelar juga dapat dikurangi dan digantikan dengan sakelar otomatis ini. Dirinya berharap untuk ke depan lampu di jalan Desa Cibunar dapat dipasang dengan sakelar otomatis ini. Bahkan rumah-rumah tiap warga dapat dipasangkan sakelar otomatis. (guh/ima)

Komentar

Berita Terbaru