Penumpang KA Jarak Jauh Melonjak Dua Kali Lipat saat Idul Adha

JAKARTA - Sesuai prediksi banyak pihak, lonjakan penumpang KA jarak jauh terjadi saat libur Idul Adha 2020.

Sebanyak 3.958 penumpang KA Jarak Jauh tercatat pada 11 KA yang dioperasikan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada Kamis (30/7).

Dikutip dari JPNN, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menuturkan, jumlah tersebut mengisi sekitar 90 persen dari ketersediaan tempat duduk sebanyak 4.385 pada Kamis, 30 Juli 2020.

"Jumlah ketersediaan tempat duduk tersebut merupakan kuota yang telah dibatasi 70 persen dari total kapasitas normal. Pembatasan dilakukan untuk penjagaan jarak di dalam rangkaian kereta," ujar Eva dalam siaran persnya, Jumat (31/7).

Adapun pemberangkatan dengan jumlah penumpang yang meningkat sekitar 2 kali lipat jika dibandingkan pada akhir pekan minggu lalu tersebut secara keseluruhan berjalan baik dengan mengikuti seluruh protokoler pencegahan Covid 19, yang diterapkan baik di stasiun dan rangkaian kereta.

Sementara untuk Jumat, 31 Juli 2020, di area Daop 1 Jakarta terdapat 7 KA yang dioperasikan. Tercatat sekitar 2.600 tempat duduk telah dipesan melalui jalur pemesanan online dari ketersediaan tempat duduk sebanyak 3.155.

"Pantauan lapangan, seluruh penumpang mengikuti aturan yang diterapkan seperti menggunakan masker dan faceshield setelah boarding di stasiun hingga selama perjalanan KA berlangsung," jelas Eva. (chi/jpnn/ima)

Baca Juga:

  • Diduga Lakukan Pemerasan dan Rampas Kendaraan, Seorang Kades di Brebes Dilaporkan ke Polisi.
  • Makamkan PDP Covid-19,Dua Pegawai RSUD dr Soeselo Slawi Dimassa Warga dan Harus Dilarikan ke Rumah Sakit.

Berita Terkait

Berita Terbaru