Perbup Sudah Rampung, New Normal di Brebes Segera Diterapkan

BREBES - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Brebes Djoko Gunawan memastikan peraturan bupati (Perbup) terkait new normal sudah rampung. Bahkan, pihaknya berencana akan melakukan rapat dengan Gugus Tugas (Gustu) Penanganan Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Brebes pada pekan depan.

"(Perbup) Sudah siap. Senin nanti kita akan rapat dengan gustu terkait pembahasan new normal ini," ungkapnya, Kamis (2/7).

Jika pelaksanaan new normal di Kabupaten Brebes diterapkan, masyarakat diminta tetap menjaga kesehatan sesuai dengan protokol yang ada. Salah satunya mengenakan masker dan jaga jarak jika beraktivitas di luar rumah.

"Meski new normal, masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan yang ada," ucapnya.

Seperti diketahui, semenjak rencana penerapan new normal, Pemkab Brebes melalui SKPD maupun kecamatan sudah memberikan sosialisasi ke warga agar tetap berperilaku hidup sehat. Salah satunya, sosialisasi protokol kesehatan di tempat keramaian seperti pasat.

Di Pasar Jatibarang misalnya. Melalui Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), sejumlah pedagang dan pembeli di Pasar Jatibarang diinspeksi mendadak (sidak). Sidak tersebut untuk memantau masyarakat agar tetap mengenakan masker.

"Dalam sidak yang dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu, masih banyak masyarakat yang masih tidak mengenakan masker," ungkap Camat Jatibarang Imam Tauhid, Kamis (2/7).

Imam menyebutkan, alasan sidak di pasar lantaran pasar merupakan tempat keramaian yang sangat rentan dalam penularan virus corona. Karenanya, lewat forkopimcam, pihaknya terus berupaya memberikan pemahaman terkait menjaga kesehatan sesuai protokol dari pemerintah.

"Dalam sidak ini, kami juga memberikan masker ke warga yang tidak membawa masker. Untuk warga yang masih muda, kami juga menyuruhnya push up sebelum nanti dikasih masker," terangnya.

Menurutnya, pemantauan di pasar sangat membantu masyarakat agar tetap mengenakan masker. Bahkan, saat ini masyarakat sudah memahami pentingnya menggunakan masker saat ke pasar.

"Alhamdulillah, setelah beberapa kali lakukan sidak ke pasar, masyarakat sudah sadar akan pentingnya menggunakan masker," pungkasnya.(ded/ima)

Baca Juga:

  • Tak Ada Prediksi Akurat, Pengamat: Zona Hijau Bisa Tiba-tiba Berubah Jadi Merah Bahkan Hitam.
  • Mantan Pengacara Djoko Tjanda Anita Kolopaking Berakhir di Penjara, Usai Diperiksa 18 Jam.

Berita Terkait

Berita Terbaru