Peringatan HUT RI ke-75 saat Pandemi Covid-19, Jumlah Tamu Undangan Dibatasi

SLAWI - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 75 di Kabupaten Tegal di tengah pandemi covid-19 tetap diperingati dengan jumlah terbatas. Termasuk dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tegal HUT RI yang digelar Jumat (14/8), hanya dihadiri beberapa tamu undangan.

Ketua DPRD Kabupaten Tegal, Agus Salim, Jumat (14/8) mengatakan, pembatasan jumlah tamu undangan untuk mencegah penyebaran covid-19. Dia tidak menampik pandemi covid-19 memang sangat berdampak pada perekonomian dan relasi sosial kemasyarakatan di Kabupaten Tegal.

"Meski begitu, masyarakat harus tetap semangat dan bisa membiasakan hidup bersama covid-19. Terpenting, harus tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Hal ini juga dibenarkan oleh Wakil Ketua DPRD, Rustoyo yang mengaku
semua memang kena imbasnya. Untuk itu, masyarakat harus lebih kreatif agar tetap bertahan dalam kondisi seperti ini.

Pada peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI ini, masyarakat juga harus memiliki beberapa modal dasar yang telah diwariskan para pendahulu bangsa, yang dapat dikapitalisasi sebagai faktor pengungkit untuk bangkit menuju Indonesia Maju. Sejak dahulu kala, nilai-nilai gotong royong, kerja sama dan empati telah tumbuh subur dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

"Filsafat Jawa menyebutkan manjing, ajur, ajer. Artinya, kita harus mampu melebur menyesuaikan diri dan melebur dengan lingkungan sekitar," ucapnya.

Sedangkan Wakil Ketua DPRD asal Partai Gerindra, Rudi Indrayani mengaku ketangguhan pantang menyerah dan daya adaptasi para pendahulu bangsa dalam merebut kemerdekaan telah pula terbukti mampu membawa perjalanan Bangsa Indonesia keluar dari belenggu penjajahan, merebut kemerdekaan, dan keluar dari masa-masa sulit, sekaligus membuktikan Indonesia sebagai bangsa besar dan bangsa petarung.

"Perjuangan jangan berakhir di tengah pandemi virus corona. Kita bisa mengisi kemerdekaan dengan hal positif. Masyarakat jangan kendor, harus tetap semangat," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal asal Partai Golkar, Agus Solichin mengatakan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI mendatang dapat menyegarkan memori kolektif bangsa terhadap detik-detik perjuangan, menghidupkan semangat, dan jasa pahlawan. Sehingga dapat menginspirasi serta menghidupkan semangat untuk meneruskan mengejar cita-cita bangsa dengan mengkapitalisasi keberagaman sebagai modal bangsa yang disatukan dengan satu tujuan dan satu kebangsaan dan meningkatnya rasa bangga buatan Indonesia bagi seluruh masyarakat untuk Indonesia Maju.

Semua harus mencintai produk lokal sebagai upaya peningkatan pendapatan masyarakat. Ini harus terus digelorakan agar produk lokal meningkat. (adv/guh)

Baca Juga:

  • Bantah Sukmawati bahwa Ideologi PKI Bukan Pancasila, Fadli Zon: PKI Bukan Unsur yang Terlibat dalam Proklamasi Indonesia.
  • Unggah Ceramah UAS, Mahfud MD: Terkadang Masih Ada Orang yang Ingin Mengadu Domba Antartokoh Islam.

Berita Terkait

Berita Terbaru