Permudah Akses Internet untuk Siswa saat PJJ, Pemkot Tegal Dianugerahi The 4Th Indonesia Smart Nation Award 2020

TEGAL - Inovasi untuk memudahkan siswa mengakses internet saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), membuat Pemkot Tegal terpilih sebagai penerima apresiasi The 4Th Indonesia Smart Nation Award 2020. Melalui perancangan dan pemasangan program local loop itu membuat Pemkot terpilih di antara 30 dari 514 Kabupaten/Kota.

Selain memudahkan siswa, program itu, juga mengatasi keluhan masyarakat akan membengkaknya kebutuhan kouta internet selama siswa belajar online. Penghargaan diberikan oleh Citiasia, Inc, sebuah perusahaan konsultan manajemen dan pembangunan smart city.

Penghargaan diterima Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi secara daring via apllikasi Zoom di Command Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Tegal, Senin (05/10) siang dengan Indonesia Smart City Investment Forum 2020 & The 4th Indonesia Smart Nation Award 2020.

Dalam sambutannya, Muhammad Jumadi mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Citiasia yang telah memberikan apresiasi terhadap inovasi yang sudah dilakukan. Yakni perancangan dan pemasangan program local loop.

"Semoga ke depan Kota Tegal selalu berinovasi apalagi di masa pandemi ini,” katanya.

Jumadi menjelaskan, sebelumnya Pemkot telah mengujicobakan local loop di Rusunawa Kraton sebagai pilot project. Masyarakat Kota Tegal bisa memanfaatkan jaringan ini untuk belajar lewat online.

“Insya Allah tidak ada keluhan soal kuota internet lagi. Apalagi local loop lebih murah, efisien dan efektif,” jelasnya.

Jumadi mengatakan kedepan, local loop akan dibuat di Taman Bunga, lapangan Alun-alun Kota Tegal, di balai RW, atau tempat belajar lainnya di Kota Tegal. Itu juga catatan, dimasa pandemi seperti ini Pemkot Tegal masih bisa berinovasi.

"Sebagai upaya untuk mengantisipasi penyalahgunaan jaringan internet local loop, kita membatasi dan memblokir sejumlah akses, seperti situs dewasa maupun game online agar jaringan hanya dapat digunakan untuk belajar," tegasnya.

Direktur Utama Citiasia, Inc Farid Subkhan mengatakan Kota Tegal terpilih sebagai penerima apresiasi The 4Th Indonesia Smart Nation Award 2020, melalui inovasi perancangan dan pemasangan program local loop.

Dirinya mengharapkan inovasi yang dilakukan dapat menjadi contoh baik bagi kota dan kabupaten lainnya untuk mengembangkan ide serta kreativitas dalam melakukan penanganan Covid-19.

"Apresiasi ini sebagai wujud dari semangat gerakan indonesia smart nation, dalam rangka mendorong dan menghidupkan ekosistem inovasi pada tingkat kota dan kabupaten di Indonesia,"ujarnya.

Karenanya, kata Farid, pada 2020 ini pihaknya bersama CCSN melaksanakan kembali penganugerahan apresiasi Indonesia Smart Nation Award terhadap inovasi-inovasi yang dilakukan oleh kabupaten dan kota di Indonesia. Utamanya di masa pandemi yang sedang terjadi. (muj/zul)

Baca Juga:

  • Punya 740 Guru Besar, NU Tidak Dilibatkan Bahas Omnibus Law, Said Aqil Geram!.
  • Tabrakan Beruntun di Tol Pemalang-Batang, Dua Mobil Ludes Terbakar.

Berita Terkait

Berita Terbaru