Pertengahan Maret, Perbaikan Jembatan Kali Gintung Ditargetkan Rampung

BALAPULANG - Amblasnya lantai Jembatan Kali Gintung sisi selatan di Desa Batuagung Kecamatan Balapulang yang memutus akses Jalan Batuagung-Jejeg pada Selasa (1/2) lalu akibat terjangan air sungai yang menggerus bagian bawah pondasi jembatan telah ditangani Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tegal.

Perbaikan darurat untuk menyambungkan akses jalan yang terputus diperkirakan selesai pertengahan Maret 2022.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tegal Muhammad Nuh saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (7/3) siang.

“Perbaikan jembatan ini sifatnya darurat, menggunakan dana tak terduga dari APBD Kabupaten Tegal 2022 untuk penanganan bencana. Prinsipnya jembatan ini bisa segera kembali berfungsi dan aman untuk dilalui,” kata Nuh.

Disinggung soal Jembatan Kali Erang dan Jembatan Kali Kemiri yang juga mengalami kerusakan dan membutuhkan perbaikan karena faktor usia, Nuh menjelaskan jika Pemkab Tegal belum bisa menanganinya tahun ini karena keterbatasan anggaran untuk perbaikan jembatan.

Nuh mengungkapkan, kerusakan pada jembatan tersebut memang telah diidentifikasi pihaknya sejak beberapa tahun lalu dan memang harus segera diperbaiki.

Namun tahun ini, pihaknya hanya mendapatkan alokasi anggaran perbaikan jembatan sekitar Rp3 miliar. Jumlah tersebut jauh berkurang dibandingkan tahun 2021 lalu yang mencapai Rp7 miliar.

Meski demikian, untuk mengantispasi risiko dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di Jembatan Kalierang Desa Lengkong Kecamatan Bojong, pihaknya baru bisa menangani kerusakan pada bagian penyangga lateral atas jembatan dengan menurunkan balok besi yang terlepas dari pengait.

Sedangkan untuk penanganan Jembatan Kali Kemiri, pihaknya sudah membangun jembatan bailey sebagai jembatan alternatif untuk penggunaan sementara.

“Kedua jembatan tersebut belum bisa diperbaiki tahun ini karena membutuhkan biaya yang besar di tengah keterbatasan APBD kita. Tapi kami, Dinas PUPR sudah melaporkan dan mengusulkan rencana kebutuhan perbaikan kedua jembatan itu,” ujarnya.

Mengakhiri wawancaranya, Nuh berharap ada alokasi pendanaan untuk perbaikan Jembatan Kali Erang dan Jembatan Kali Kemiri pada APBD Kabupaten Tegal 2023. (*/ima)

Baca Juga:

  • Ada Pergerakan 20 Pasukan di Luar Kendali Dukung Sambo, Ketua IPW: Brimob Sampai Tak Ingin Bentrok.
  • Satgas UU Cipta Kerja Itikad Bagus Pemerintah, Ganjar: Mudah-mudahan Bisa Menyerap Aspirasi Masyarakat.

Berita Terkait

Berita Terbaru