Piala AFF 2020 Ditunda 11 April-8 Mei 2021

KUALA LUMPUR - Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) mengumumkan Piala AFF 2020 bakal digelar pada 11 April hingga 8 Mei 2021. Penangguhan jadwal turnamen paling bergengsi antarnegara ASEAN itu terpaksa dilakukan karena pandemi covid-19 yang terjadi tahun ini belum reda.

Keputusan ini dibuat AFF untuk tetap menganut format kandang dan tandang di Piala AFF, dengan syarat negara peserta memungkinkan menggelar pertandingan di tengah pandemi COVID-19. Namun, keinginan itu masih bersifat kondisional atau tergantung perkembangan penanganan covid-19 tahun depan.

AFF memilih jadwal baru tersebut setelah berkonsultasi dengan semua pihak yang terkait, termasuk asosiasi sepak bola negara peserta. Jadi, tidak akan mengganggu kompetisi domestik dan publik pun diyakini tetap aman untuk menikmatinya.

"Kami senang telah mendapat dukungan positif dari asosiasi anggota kami yang membuat jadwal baru ini tersedia pada tahun depan," kata Presiden AFF, Khiev Sameth seperti dikutip dari aseanfootball.org, Sabtu (26/9).

"Perang melawan pandemi global memang belum berakhir, tapi kami sangat optimistis Piala AFF 2020 tetap bisa dimainkan dengan format penuh pada tahun depan," tambahnya

Komite Satuan Tugas Piala AFF menganggap, jadwal baru ini paling ideal untuk mengakomodasi kegiatan lain seperti kompetisi domestik dan berjanji akan memantau situasi terkini dengan cermat untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan dari semua pemain, pelatih, mitra, penggemar, dan publik.

"AFF juga berharap pengumuman jadwal baru Piala AFF akan memberikan kejelasan dalam perancaan untuk mitra komersial kami, termasuk sponsor, pemegang hak siar saat kondisi ketidakpastian saat ini," tutur Khiev Sameth

"AFF dan asosiasi anggota kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua penggemar, pemain, pelatih, ofisial, media, dan mitra lainnya atas dukungan dan komitmen mereka atas dukungan dan komitmen mereka yang tak tergoyahkan di tengah masa-masa sulit seperti ini dan menantikan Piala AFF yang akan menyatukan seluruh Asea ketika kami bisa berkumpul lagi," sambungnya.

Semula, Piala AFF 2020 direncanakan bergulir pada November-Desember tahun ini. Namun, karena pandemi COVID-19 belum membaik di sejumlah wilayah ASEAN, turnamen tersebut ditunda pada 30 Juli 2020.

"AFF akan terus bekerja sama dengan berbagai asosiasi anggota dan mitra untuk memberikan pembaruan lebih lanjut tentang turnamen 2021 segera mungkin," tulis laman ASEAN Football.

Piala AFF terakhir digelar pada 2018. Vietnam berhasil menggondol gelar juara, dengan Timnas Indonesia gugur di babak penyisihan. (der/zul/fin)

Baca Juga:

  • Diguyur Hujan Deras, Warga di Kaki Gunung Slamet Dikejutkan Dentuman dan Goncangan Kuat.
  • Massa Pedemo Anies Diduga Bayaran, Musni Umar: Apa Masuk Akal Anies Dalangi Pengerusakan Fasilitas yang Dibangunnya?.

Berita Terkait

Berita Terbaru