Piala AFF 2020 Ditunda Tahun Depan, Iwan Bule: Shin Tae-yong Harus Bawa Indonesia Juara

JAKARTA - PSSI menyambut baik keputusan AFF (ASEAN Football Federation), terkait jadwal terbaru turnamen Piala AFF Suzuki 2020. Melalui situs resminya, AFF mengumumkan bahwa gelaran turnamen Piala AFF Suzuki 2020 akan digelar mulai tanggal 11 April hingga 8 Mei 2021, menyusul penundaan turnamen tahun ini yang diakibatkan dengan adanya pandemi virus Covid-19.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyampaikan dukungannya atas keputusan AFF terkait kepastian jadwal Piala AFF. "Dengan ini kami akan menyiapkan tim sebaik mungkin, apalagi kami memberikan target kepada pelatih Shin Tae-yong agar timnas Indonesia bisa juara di turnamen tersebut,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

”Kami juga masih menunggu jadwal terbaru untuk sisa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Piala AFC U-19 di Uzbekistan, dan Piala U-16 di Bahrain yang infonya akan digelar sekitar awal tahun 2021," tambah Iriawan.

Awalnya, Piala AFF dijadwalkan berlangsung pada November dan Desember tahun ini, Piala AFF adalah turnamen sepak bola terbesar dan paling bergengsi di Asia Tenggara.

Keputusan yang AFF buat ini berlandaskan niat kuat mereka untuk menggelar kejuaraan dalam format penuh yang dimainkan di kandang dan tandang oleh negara-negara peserta yang memenuhi syarat di Asia Tenggara dan tidak dalam wilayah yang terjangkit pandemi Covid-19.

Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth mengatakan, dalam konsultasi dengan federasi sepak bola negara anggotanya dan otoritas terkait lainnya, Komite Satuan Tugas Piala AFF telah menetapkan bahwa tanggal di atas bekerja paling baik untuk mengakomodasi jadwal sepak bola domestik.

“Kami senang dengan dukungan positif yang kami dapatkan dari Asosiasi Anggota kami dan kami dapat menemukan solusi yang cocok di tahun depan, untuk mengadakan turnamen yang sudah kami siapkan,” jelasnya.

”Meskipun kami sangat menyadari bahwa perjuangan melawan pandemi global belum berakhir, kami sangat optimis untuk Piala Suzuki AFF 2020 berlangsung dalam format penuh karena kami berharap dapat memberikan yang terbaik dari ASEAN di turnamen tahun depan,” tambahnya.

AFF juga berharap pengumuman tanggal turnamen 2021 akan memberikan kejelasan dalam perencanaan untuk mitra komersial kami, termasuk sponsor dan penyiar media, pada saat ketidakpastian.

”Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua penggemar, pemain, pelatih, ofisial, media, dan mitra lainnya atas dukungan dan komitmen mereka yang tak tergoyahkan di tengah masa-masa sulit ini, dan menantikan AFF Suzuki Cup yang menyatukan seluruh Tenggara. Asia saat kita bisa berkumpul lagi,” tandasnya. (fin/zul/tgr)

Baca Juga:

  • Diguyur Hujan Deras, Warga di Kaki Gunung Slamet Dikejutkan Dentuman dan Goncangan Kuat.
  • Massa Pedemo Anies Diduga Bayaran, Musni Umar: Apa Masuk Akal Anies Dalangi Pengerusakan Fasilitas yang Dibangunnya?.

Berita Terkait

Berita Terbaru