Plompong Sirampog-Brebes Longsor, Satu Rumah Rusak Berat

BREBES - Sebuah rumah Dusun Pancung Lancar Desa Plompong Kecamatan Sirampog rusak akibat tertimbun material longsor. Longsor yang terjadi pada Kamis (20/1) petang ini menimpa rumah Mbah Tojah (70).

Danramil 10 Sirampog Kodim 0713 Brebes Kapten Infanteri Siswanto membenarkan bahwa rumah salah satu rumah warga desa binaannya itu mengalami rusak cukup berat. Rumah tersebut rusak setelah sebelumnya tertimbun material longsor talut penahan tebing di dekat rumahnya.

"Tebing longsor sepanjang 6 meter. Pemicunya adalah talut tidak mampu lagi menahan tanah dan rumpun bambu yang posisinya sudah menggantung," ungkapnya.

Dijelaskannya, sebelum terjadi longsor, wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi. Sedangkan kerusakan yang paling parah terletak di bagian tembok ruang tamu.

“Babinsa melakukan koordinasi dengan pemerintah desa dan BPBD untuk kerja bakti membersihkan material longsor dan perbaikan rumah, sementara Mbah Tojah kita ungsikan ke rumah saudaranya,” jelasnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada warga yang berada di titik rawan bencana agar lebih waspada. Terutama saat curah hujan dengan intensitas tinggi turun di wilayahnya.

"Masyarakat kami imbau selalu waspada. Jika turun hujan dengan intensitas tinggi diimbau menjauhi sari titik atau jalur rawan bencana," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Bukan 1, Polisi Akui Terima 3 Laporan Terkait Dugaan Benny K Harman Tampar Pegawai Restoran.
  • Jika Nasdem Bersama Golkar, PAN, PPP, dan PKB Usung Ganjar, Pengamat: Ini Skenario Jegal Anies Baswedan.

Berita Terkait

Berita Terbaru