Polisi Amankan Kirab Toa Pe Kong di Kota Tegal

KOTA TEGAL - Jajaran Polres Tegal Kota menerjunkan sejumlah anggotanya untuk mengamankan kegiatan kirab dan gotong patung dewa Toa Pe Kong yang digelar pada Selasa (21/6).

Kegiatan digelar ralam rangka Perayaan Sejit YM Kongco Ceng Gwan Cin Kun 2573/2022 yang turut dimeriahkan oleh Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal.

Dari informasi yang diperoleh, kirab atau seremoni keagungan melintas di Jalan Gurami, Udang, Proklamasi, Veteran dan kembali lagi.

Sebelum kegiatan kirab, digelar upacara sembahyangan dan kemudian baru dilanjutkan dengan kirab mengusung patung dewa di atas tandu.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat melalui Kabag Ops Kompol Wibowo Saputra menyampaikan, dalam kegiatan ini, pihaknya sudah memploting sejumlah personel untuk melaksanakan pengamanan di lapangan.

Itu, dilakukan untuk memberi rasa aman dan antisipasi gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi.

"Ini juga merupakan bentuk representasi negara hadir guna memberikan pengamanan kepada seluruh masyarakat, agar semua kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar," katanya.

Menurut Kabagops, pengamanan dimulai dari rangkaian kegiatan persembahyangan dan doa bersama di Klenteng. Kemudian baru dilanjutkan pengamanan route kegiatan kirab.

"Ini merupakan bentuk toleransi beragama yang ada. Upaya ini akan terus kami jaga untuk memberikan rasa aman sehingga warga dengan keberanekaragamannya dapat hidup dengan damai," pungkas Kabagops. (muj/ima)

Baca Juga:

  • Dilengserkan dari Presiden ACT, Ahyudin Diduga Dirikan Lembaga Donasi Baru GMC.
  • Jadi Polemik, Ustaz Ahong Bilang ACT Sudah Lama Terindikasi Danai Aksi Terorisme di Suriah.

Berita Terbaru