Polres Tegal Kota Dapat Tambahan Anjing Pelacak Berkemampuan Lacak dan Pengendalian Massa

TEGAL - Polres Tegal Kota menerima kiriman satwa dari Dirpol Satwa Korsabhara Baharkam Polri. Anjing yang diberi nama Bringo itu memiliki kemampuan penciuman yang tajam untuk membantu mengungkap tindak kejahatan.

Dirpol Satwa Korsabhara Baharkam Polri Brigjen Pol. Hariyanto mengatakan Bringo merupakan anjing jenis German Sherperd atau sering dikenal dengan Herder. Itu memiliki kemampuan lacak umum dan pengendalian massa.

"Ini berasal dari Belanda dan sudah terlatih. Memiliki kemampuan lacak umum dan pengendalian massa," katanya.

Sebelum ditugaskan, kata Brigjen Pol. Hariyanto, anjing itu melewati masa karantina selama 14 hari. Selanjutnya, adaptasi selama setahun, dan kemudian dilatih di tempat panas.

"Sehingga bisa menyesuaikan dengan suhu yang ada di sini," jelasnya.

Selain memberikan satwa, imbuh Brigjen Pol Haryanto Polri juga melakukan penilaian dan monitoring di Polres-polres yang mempunyai inovasi dan dedikasi dalam upaya merawat, melatih, menjaga, serta mengoperasionalisasikan satwa atau K9. Hasilnya, ada Aiptu Dwiyanto dari K9 Polres Tegal Kota yang sudah 17 tahun mengabdikan diri menjadi pelatih, penjaga, dan polisi K9.

"Karenanya Polri memberikan penghargaan kepadanya," jelasnya.

Brigjen Hatyanto menambahkan anggota yang memiliki kemampuan khusus bisa terus dipertahankan. Juga bisa diperpanjang masa baktinya jika memang akan memasuki masa pensiun, karena kemampuannya masih diperlukan.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo menyampaikan ucapan terimakasih atas penghargaan yang diberikan. Harapannya, dengan pemberian Satwa itu dapat meningkatkan pengamananan di wilayah Polres Tegal Kota. (muj/zul)

Baca Juga:

  • Ada Pergerakan 20 Pasukan di Luar Kendali Dukung Sambo, Ketua IPW: Brimob Sampai Tak Ingin Bentrok.
  • Tabungan Brigadir J Diduga Dikuras Salah Seorang Tersangka Pembunuhnya, Pengacara Keluarga: Orang Mati Kirim Duit.

Berita Terkait

Berita Terbaru