Program Kartu Prakerja Akan Dilanjutkan Enam Bulan ke Depan

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, memastikan, bahwa Program Kartu Prakerja akan berlanjut di semester II tahun ini.

"Program Kartu Prakerja akan dilanjutkan di semester II-2021," kata Airlangga dalam video virtual, Sabtu (5/6).

Airlangga berharap, dengan dilanjutnya program Kartu Prakerja ini, kebijakan-kebijakan yang diterapkan Pemerintah diharapkan dapat maksimal memberikan dampak baik kepada masyarakat, termasuk melahirkan wirausaha baru.

Berdasarkan catataan pemerintah, tahun ini, target program Kartu Prakerja kira-kira 8,2 juta dan sudah jalan semester I-2021 2,7 juta. Sedangkan program Kartu Prakerja telah meningkatkan kelompok wirausaha sebanyak 13 persen.

"Pemerintah menargetkan rasio kewirausahaan nasional mencapai 3,9 persen dan pertumbuhan wirausaha baru sebesar 4 persen pada 2024," ujarnya.

Menurut Airlangga, hal ini menjadi penting untuk terus didorong, karena kewirausahaan berperan menciptakan lapangan pekerjaan dan secara otomatis dapat membantu pemulihan ekonomi nasional.

"Upaya peningkatan jumlah wirausaha ini juga diiringi dengan Program Kartu Prakerja yang merupakan inisiasi Pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)," tuturnya.

"Kunci kesuksesan Program Kartu Prakerja bukan hanya pada penyelenggara atau seberapa besar dana yang digelontorkan oleh Pemerintah, tetapi juga pada perubahan positif khususnya dari segi skill yang dimiliki oleh para penerima Kartu Prakerja," pungkasnya. (der/zul/fin)

Baca Juga:

  • 18 Orang Terjaring Razia Kos-kosan, Ada yang Sedang Asik Bertiga di Kamar.
  • Bed Pasien Covid-19 di RSI Penuh, Dua Rumah Sakit Lainnya Tersisa Sedikit.

Berita Terkait

Berita Terbaru