PSI Tolak Dukung Anies Baswedan Jadi Capres, Ruhut Sitompul: Baru Dicoel Sedikit Saja Kebakaran Jenggot

JAKARTA - Sikap Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang tidak akan mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang, memicu komentar sejumlah pihak. Banyak di antaranya yang menyebutkan dukungan PSI tidak akan terlalu berpengaruh dalam kontestasi lima tahunan itu.

Komentar seperti itu banyak disuarakan oleh para netizen di media sosial, apalagi PSI tidak mempunyai satu pun kursi di DPR RI. Pernyataan sikap PSI itu disampaikan langsung Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie.

Grace Natalie mengungkapkan sikap resmi PSI, usai Partai Nasdem memunculkan Anies Baswedan sebagai capres di urutan pertama, kemudian Ganjar Pranowo dan ketiga, Andika Perkasa.

“Sudah sangat jelas bahwa PSI tidak akan mendukung Mas Anies di Pilpres 2024," ujar Grace, Minggu (19/6).

Penolakan dukungan, ungkap Grace, karena prinsip partainya adalah anti intoleransi dan korupsi. "Kami memeluk teguh prinsip anti-intoleransi dan anti-korupsi. Maka, tak mungkin kami mendukung kandidat yang bermasalah dalam dua atau salah satu prinsip tersebut.”

“Prinsip harus ditegakkan dengan sebaik-baiknya. PSI menolak untuk bersikap pragmatis dan oportunis,” ungkap Grace.

Sikap PSI itu langsung ditanggapi politikus PDIP, Ruhut Sitompul melalui akun Twitter pribadinya. Ruhut memberikan komentar menohok terkait penolakan dukungan PSI kepada Anies Baswedan tersebut.

Ruhut Sitompul pun tampak tertawa lepas mengetahui PSI tak mendukung Anies Baswedan. Ia juga mengungkapkan jika kemampuan sosok yang didukung kadrun tidak kuat di Pilpres 2024 nanti.

"Ha ha ha terlihat secara terang benderang lemahnya Calon Presiden yg didukung kadrun," tulis Ruhut di akun @ruhutsitompul, Senin (20/6).

"baru dicoel sedikit saja sama Sicantik GN dari PSI langsung kebakaran jenggot gimana ma’u menang mimpi ka’le ye MERDEKA," sambungnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh usung 3 nama calon Presiden yang akan diusung. Tiga nama yang diumumkan Surya Paloh yakni, Anies Baswedan, Muhammad Andika Perkasa, dan Ganjar Pranowo.

Tiga nama yang diumumkan NasDem tersebut merupakan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas), Jumat (17/6) malam.

"Saya akan membuka hasil rekomendasi Rakernas yang ditujukan kepada saya, memutuskan dan menetapkan rekomendasi bakal calon presiden yang akan diusung partai Nasdem pada tahun 2024," katanya.

Langkah NasDem ini dianggap cukup berani, pasalnya salah satu nama yang diumumkan, yakni Ganjar Pranowo kini merupakan kader PDI Perjuangan. (dis/zul)

Baca Juga:

  • Brigadir Joshua 2 Kali Bertengkar dengan Bripka RR di Magelang dan Jakarta, Sebelum Akhirnya Ditembak Mati.
  • Sentil Kapolri, Mantan Jubir Gus Dur: Drama Kepolisian Sesi 1 The End, Tinggal Sesi 2 Bongkar Motif.

Berita Terkait

Berita Terbaru