Puluhan Ribu Kendaraan Mulai Tinggalkan Jateng via Tol Pejagan-Pemalang

BREBES - Puluhan ribu kendaraan pemudik mulai ke luar Jawa Tengah (Jateng) untuk kembali ke Jakarta dan beberapa kota lainnya yang ada di Jawa Barat (Jabar), Jumat (6/5).

Data PT Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR) menyebutkan, sejak Selasa (3/5) hingga Kamis (5/5), tercatat sudah sebanyak 93.926 kendaraan pemudik yang keluar Jateng melalui ruas Tol Pejagan-Pemalang. Puncak arus balik diprediksi terjadi pada pada Sabtu (7/5) dan Minggu (8/5).

Diketahui, pada Selasa (3/5), tercatat sebanyak 17.434 kendaraan pemudik yang kembali ke Jakarta dan beberapa kota besar di Jawa Barat.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan pada Rabu (4/5), yakni 30.081 kendaraan. Begitu juga pada Kamis (5/5) jumlahnya kembali meningkat menjadi 46.411 kendaraan.

"Diprediksi jumlah kendaraan yang ke luar Jateng lewat Tol Pejagan-Pemalang bisa mencapai 70.000 kendaraan," ujar Kasi Pelayanan dan Transaksi PPTR Deny Harjono, Jumat (6/5).

Dia mengungkapkan, untuk puncak arus balik Lebaran tahun ini, di ruas Tol Pejagan-Pemalang diprediksi akan terjadi pada Sabtu dan Minggu besok. Saat puncak arus balik itu, jumlah kendaraan diprediksi bisa naik hampir dua kali lipat dengan hari sebelumnya.

"Kami prediksi saat arus balik jumlah kendaraan yang akan ke luar Jateng bisa mencapai 80.000 hingga 90.000 kendaraan," jelasnya.

Pantauan di lapangan, arus balik juga terasa di ruas Pantura Brebes. Mulai dari perbatasan Kota Tegal hingga perbatasan Jateng-Jabar, jalur pantura dipadati kendaraan pemudik.

Arus balik yang terjadi di jalur pantura itu lebih didominasi pemudik sepeda motor yang akan kembali ke Jakarta atau kota besar lainnya. Namun, tidak sedikit mobil pribadi dan beberapa moda transportasi umum seperti bus, juga melintas. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Ada Pergerakan 20 Pasukan di Luar Kendali Dukung Sambo, Ketua IPW: Brimob Sampai Tak Ingin Bentrok.
  • Tabungan Brigadir J Diduga Dikuras Salah Seorang Tersangka Pembunuhnya, Pengacara Keluarga: Orang Mati Kirim Duit.

Berita Terkait

Berita Terbaru