radartegal.com Diverifikasi Faktual Dewan Pers

TEGAL - Sebagai salah satu situs berita teranyar di Pantura Barat, radartegal.com akhirnya diverifikasi faktual Dewan Pers, Kamis (12/11) malam. Verifikasi penuh radartegal.com sekaligus menjadi kado manis radartegal.com yang akan berulang tahun ke-5 dan Radar Tegal ke-20, Jumat (20/11) mendatang.

Proses verifikasi faktual yang dilakukan Dewan Pers itu menindaklanjuti ajuan radartegal.com, usai dinyatakan terverifikasi administratif 19 Oktober 2020 lalu. Verifikasi faktual langsung dipimpin Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Pers Dewan Pers Indonesia, Ahmad Jauhar Tas'an.

Ahmad Jauhar Tas’an mengatakan verifikasi faktual ini menindaklanjuti proses verifikasi administratif sebelumnya. Semua persyaratan yang dikirimkan perusahaan pers akan dicocokan dengan dokumen-dokumen aslinya.

“Selain itu juga memastikan langsung proses keseharian pelaksanaan kegiatan keredaksian sesuai yang diamanatkan UU No.40/1999 tentang Pers,” ungkapnya di sela-sela proses verifikasi faktual di Gedung Radar Tegal Jl. Perintis Kemerdekaan No.32 Tegal.

Ahmad Jauhar Tas’an yang didampingi Analis Kebijakan Ahli Madya, Deritawati dan Analis Kebijakan Ahli Muda, Sri Lestari. Selama hampir dua jam tim Dewan Pers itu meneliti keabsahan data-data perusahaan dan badan hukum yang dimiliki PT. Wahana Semesta Multimedia Tegal.

Pimpinan Redaksi radartegal.com, Zuhlifar Arrisandy mengatakan dengan diverifikasi faktualnya radartegal.com menjadi tantangan bagi situs berita kebangaan Pantura itu untuk lebih profesional lagi. Apalagi di tengah semakin menjamurnya website-website atau media online di Tanah Air.

“radartegal.com saat ini sudah terverifikasi administratif dan diverifikasi faktual Dewan Pers. Ini momentum awal agar kami lebih bertanggung jawab dan bermartabat saat menyajikan data dan fakta sebuah berita,” katanya.

Zuhlifar menambahkan saat ini semua awak redaksi radartegal.com sudah bersertifikasi uji kompetensi wartawan (UKW). Rinciannya dua wartawan utama, seorang wartawan madya, dan tiga wartawan muda.

Selain itu, tambah Zuhlifar, radartegal.com sudah mempunyai rata-rata pengguna 2.841.188 orang, dengan pengguna new visitor 1,8 juta dan returning visitor 1,49 juta. Sedangkan tayangan halaman radartegal.com sudah mencapai 7.086.591 di bulan September lalu, dengan rata-rata pageviews 3.654.127 halaman.

Selama proses verifikasi faktual ikut mendampingi Direktur Utama dan Direktur PT. Wahana Semesta Mandiri Tegal, Moh. Sukron dan Yela Ramadiah. Selain itu juga turut hadir manajer iklan, it support, serta wartawan radartegal.com. (muj/zul)

Baca Juga:

  • Ngabalin Trending di Twitter! Sebelumnya Sebut Jokowi Terganggu Manuver Menteri, Sekarang Bilang Begini.
  • Tuding Menkes Terjaring Mafia Vaksin, Relawan Jokowi: Emang Bener Kok.

Berita Terkait

Berita Terbaru