radartegal.com Terverifikasi Penuh Dewan Pers Tepat di Ultah Kelimanya

TEGAL - radartegal.com situs berita teranyar di Pantura Barat di bawah naungan Radar Tegal Group (RTG) akhirnya terverifikasi faktual Dewan Pers, Jumat (20/11). Verifikasi penuh radartegal.com ini menjadi kado manis radartegal.com yang tepat berulang tahun ke-5 dan Radar Tegal ke-20, Jumat (20/11) kemarin.

Kepastian verifikasi penuh yakni administratif dan faktual itu ditandai dengan diterbitkannya Sertifikat Dewan Pers Nomor 585/DP-Verifikasi/K/XI/2020. Sertifikat tertanggal 20 November 2020 itu ditandatangani Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh.

Sertifikat yang diberikan kepada PT. Wahana semesta Multimedia Tegal sebagai induk perusahaan radartegal.com menyatakan radartegal.com telah terverifikasi Dewan Pers. Sertifikat Dewan Pers ini berlaku selama lima tahun.

Saat proses verifikasi faktual oleh Tim Dewan Pers yang dipimpin Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Pers Dewan Pers Indonesia, Ahmad Jauhar Tas'an, Kamis (12/11) lalu, semua berkas persyaratan diperiksa detail keabsahan dan keasliannya.

Ahmad Jauhar Tas’an yang didampingi Analis Kebijakan Ahli Madya, Deritawati dan Analis Kebijakan Ahli Muda, Sri Lestari. Selama hampir dua jam tim Dewan Pers itu meneliti keabsahan data-data perusahaan dan badan hukum yang dimiliki PT. Wahana Semesta Multimedia Tegal.

Ahmad Jauhar mengatakan dengan terverifikasi faktualnya radartegal.com, berarti radartegal.com sudah memenuhi unsur-unsur perusahaan pers yang diamanatkan UU No. 40/1999 tentang Pers. Verifikasi ini, papar Ahmad Jauhar, bukan keinginan atau kemauan Dewan Pers, tapi merupakan kesepakatan masyarakat dan insan pers di Tanah Air.

“Mudah-mudahan verifikasi Dewan Pers ini akan semakin membuat perusahaan pers maju dan wartawan-wartawannya semakin profesional,” katanya singkat.

Pimpinan Redaksi radartegal.com, Zuhlifar Arrisandy mengatakan dengan terverifikasi faktualnya radartegal.com, berarti saat ini radartegal.com sudah terverifiukasi penuh Dewan Pers. Ini akan menjadi tantangan bagi situs berita kebangaan Pantura itu untuk lebih profesional lagi.

Apalagi di tengah semakin menjamurnya website-website atau media online di Tanah Air. “radartegal.com saat ini sudah terverifikasi administratif dan faktual Dewan Pers. Ini menuntut kita untuk lebih bekerja keras mewujudkan komunitas pers yang bertanggung jawab dan profesional,” katanya.

Zuhlifar menambahkan saat ini semua awak redaksi radartegal.com sudah bersertifikasi uji kompetensi wartawan (UKW). Rinciannya dua wartawan utama, seorang wartawan madya, dan tiga wartawan muda.

Selain itu, tambah Zuhlifar, radartegal.com sudah mempunyai rata-rata pengguna 2.841.188 orang, dengan pengguna new visitor 1,8 juta dan returning visitor 1,49 juta. Sedangkan tayangan halaman radartegal.com sudah mencapai 7.086.591 di bulan September lalu, dengan rata-rata pageviews 3.654.127 halaman.

Selamat ulang tahun ke-20 Radar Tegal dan ke-5 radartegal.com. (muj/zul)

Baca Juga:

  • Resmikan Masjid Agung Pemalang, Junaedi Pamitan dan Minta Maaf.
  • Kasus Covid-19 di Kabupaten Tegal Tinggi, Satgas Nasional Sampai Turun Langsung.

Berita Terkait

Berita Terbaru