Rajin Sikat Gigi Tapi Masih Berlubang, Ini Penjelasan Ketua PDGI Brebes

BREBES - Menyikat gigi adalah prosedur pembersihan plak yang menempel pada permukaan gigi. Namun, hingga saat ini mungkin masih banyak masyarakat yang sudah merasa rajin menyikat giginya, tetapi pada kenyataannya gigi masih berlubang. Ini penjelasan Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Brebes drg Adhi Supriadi.

Adhi menjelaskan, saat ini masih sering ditemui adanya kekeliruan di masyarakat dalam menjaga kesehatan gigi. Selama ini sebagian masyarakat melakukan sikat gigi pada saat mandi pagi dan sore hari. Padahal waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah pagi hari setelah makan pagi dan malam hari sebelum tidur.

"Ditambah lagi, cara menyikat gigi yang masih keliru, sehingga masih banyak terjadi keluhan-keluhan seputar gigi dan mulut di kalangan masyarakat," ujarnya, Rabu (24/11).

Adhi yang juga merupakan kepala Puskesmas Tanjung ini menyebutkan, dalam Bulan Kesehatan Gigi Nasional tahun ini, PDGI melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersentuhan langsung ke masyarakat. Di antaranya memberikan edukasi dan pembagian pasta dan sikat gigi yang menyasar siswa/siswi SLB sebagai masyarakat yang berkebutuhan khusus.

"Kita harapkan saudara-saudara kita yang berkebutuhan khusus ini juga mendapat perhatian dan mampu menjaga kesehatan gigi dan mulutnya secara mandiri," ucapnya.

Selama pelakasanaan kegiatan tersebut, kata dia, pihaknya menggunakan bahasa isyarat Indonesia (isyando). Sehingga anak berkebutuhan khusus ini bisa memahami cara menjaga kesehatan gigi dengan baik dan benar.

"Dan tadi, kami juga menyerahkan ratusan paket pasta dan sikat gigi. Dengan harapan, anak-anak berkebutuhan khusus ini dapat menjaga kesehatan giginya dengan baik," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Novia Widyasari yang Diduga Bunuh Diri Sudah 2 Kali Dihamili Polisi Pacarnya dan 2 Kali Diaborsi.
  • Prihatin Wali Kota Portal Alun-alun, Warga: Kita Ingin Tak Ada Egoisme dan Arogansi Kekuasaan.

Berita Terkait

Berita Terbaru