Randusanga Kulon Sering Terjadi Rob, Anggota DPRD Brebes Bilang Begini

BREBES - Beberapa hari terakhir, Desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes diterjang banjir dan banjir rob. Salah satu penyebabnya yakni adanya pendangkalan Sungai Sigeleng yang berada di Desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes.

Salah satu anggota DPRD Brebes, Benny Purnomo, Senin (15/11) mengatakan, Desa Randusanga Kulon yang akan menuju Obyek Wisata (OW) Pantai Randusanga Indah, kerap banjir hingga menggenangi perkampungan rumah warga. Bahkan, hampir setiap hari banjir rob terjadi di desa tersebut.

"Salah satu penyebab terjadinya banjir dan banjir rob itu karena ada pendangkalan Sungai Sigeleng," ungkapnya kepada wartawan, Senin (15/11).

Benny menambahkan, dampak dari pendangkalan Sungai Sigeleng, tidak hanya menyebabkan sungai meluap. Namun juga berimbas adanya air rob saat terjadi air pasang laut.

"Banjir rob di wilayah tersebut surutnya lama karena ada pendangkalan di Sungai Sigeleng. Dan tahun depan rencananya akan dilakukan normalisasi," ucapnya.

Ditambahkannya, dirinya yang juga merupakan warga desa setempat merasakan dampaknya dari banjir rob yang terjadi. Jika banjir rob datang, secara otomasis aktivitas warga seperti di bidang pendidikan, perekonomian, perikanan dan lainnya terganggu.

"Untuk itu, saya telah mengajukan melalui aspirasi sebagai wakil rakyat untuk dilakukan normalisasi Sungai Sigeleng di tahun 2022 mendatang," timpalnya

Dirinya berharap, dengan adanya normalisasi ini diharapkan bisa mengurangi terjadinya rob yang semakin parah. Dirinya juga ingin tanah dari hasil pengerukan tersebut, bisa digunakan sebagai tanggul sehingga bisa mengurangi air rob yang masuk ke perkampungan

"Nantinya normalisasi ini akan dilakukan secara dikeruk, sehingga hasil kerukan itu akan dijadikan tanggul," tukasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • UUD 1945 Bukan Diamandemen, Profesor UGM: Sistem Hukum Indonesia Sudah Murtad dari Pancasila.
  • Tagar #TangkapEdyMulyadi Viral, Jubir PKS: Pernyataannya Tak Ada Sangkut Pautnya dengan PKS.

Berita Terkait

Berita Terbaru