Real Madrid vs Alaves, Beban Berat Benzema

MADRID - Real Madrid kehilangan Sergio Ramos saat menjamu Deportivo Alaves di jornada ke-35 La Liga, dini hari nanti. Tanpa sang kapten, beban gol dan kepemimpinan ada di pundak Karim Benzema.

Jelas absennya Ramos menjadi kehilangan besar bagi Madrid yang memburu kemenangan untuk mengamankan posisi mereka di puncak klasemen. Dalam lima pertandingan terakhir, Ramos mencetak empat gol dan hampir selalu menjadi penentu kemenangan yang kini unggul satu poin di atas Barcelona.

Terbaru,sang bek mencetak gol penalti ke gawang Athletic Bilbao saat Los Blancos menang 1-0, awal pekan lalu. Itu adalah gol ke-10 Ramos di La Liga musim ini yang menempatkan kapten Spanyol itu sebagai pemain tersubur kedua klub musim ini.

Selain Ramos, Eden Hazard juga diragukan bisa bermain. Dengan Isco, Gareth Bale, serta pilar lini depan lainnya yang tidak konsisten, maka Benzema harus mengambil tanggung jawab lebih besar di Stadion Alfredo Di Stefano.

Sejak La Liga digulirkan kembali, Benzema menjadi peyumbang gol terbanyak kedua bagi Madrid. Penyerang keturunan Aljazair itu mencetak tiga gol dalam tujuh pertandingan. Namun, di empat laga terakhir top skor Madrid itu tak bisa mencatatkan namanya di papan skor.

Ada beberapa opsi bagi Pelatih Madrid, Zinedine Zidane untuk memilih pemain yang mendampingi Benzema. Kalau Bale dianggap tak siap, penyerang muda, Vinicius Junior bisa dimainkan sejak awal dalam formasi 4-3-1-2. Opsi lain adalah memainkan salah satu dari Isco atau Marco Asensio dalam skema 4-3-3.

Zidane pastinya sudah punya rencana untuk laga ini kendati absennya Ramos dan minimnya gol sedikit mengkhawatirkan penggemar mereka. Makanya, ia hanya mengingatkan pemainnya untuk tetap fokus. Status mereka sebagai pemuncak klasemen menurutnya belum menjamin apapun.

"Tujuannya adalah untuk tetap fokus dan tetap bermain sepakbola seperti yang kita lakukan. Kami akan melanjutkan apa yang kami lakukan, fokus pada sepakbola dan tidak ada yang lain," kata Zidane di situs resmi Madrid.

Warning Zidane terkait fokus pemainnya memang vital. Pasalnya, Alaves saat ini tengah berjuang menjauh dari zona degradasi. Selain itu, mereka datang ke ibu kota dengan pelatih baru, Juan Ramon Lopez Muniz yang menggantikan Asier Garitano pasca lima kekalahan beruntun klub Basque itu.

Muniz juga sepertinya sangat percaya diri akan mendapatkan sesuatu dalam debutnya di markas Madrid. "Kami harus pergi dengan banyak kepercayaan diri, kami tidak harus ceroboh dan memiliki permainan yang hebat," kata Muniz dikutip dari Estadio Deportivo.

Bagi Muniz, memimpin Alaves dalam 15 hari dan menghadapi Madrid serta Barcelona adalah tantangan tersendiri baginya. "Kami ingin memberi fans kesenangan dalam 15 hari dan membuat tim tetap berada di Divisi Pertama tahun depan," tegasnya.

"Kami memiliki empat final. Saya tenang, saya seorang profesional dan saya akan mendedikasikan diri saya untuk mencoba memecahkan sesuatu. Kami harus berusaha menghilangkan pesimisme. Kami membutuhkan kolaborasi pemain dan siap menghadapi apa yang akan datang. Sangat penting untuk meyakinkan pemain bahwa semua yang mereka lakukan di paruh pertama liga dapat diraih lagi," kata sang pelatih.

Bek Alaves, Victor Laguardia juga berharap mendapatkan hasil positif dalam kunjungan ke Real Madrid. Makanya, ia menegaskan timnya harus lebih kompak dan bisa segera beradaptasi dengan keinginan ide-ide dan konsep-konsep baru Muniz.

“Ini adalah situasi yang rumit karena dia hanya memiliki 15 hari untuk bekerja dengan empat pertandingan di antaranya dan sangat sulit untuk membangun banyak hal taktis di tim. Muniz sudah membawa angin segar dan akan memberi kami dorongan mental yang kita perlukan," kata sang kapten di BeSoccer.

Pada laga ini, Alaves tidak akan diperkuat Fernando Pacheco dan bek Ruben Duarte. Posisi Duarte di sektor bek kiri diperkirakan akan diisi Adrian Marin. Sementara Madrid yang tanpa Ramos, Nacho, dan Daniel Carvajal akan mencoba memaksimalkan Ferland Mendy dan Eder Militao. (amr/zul)

Baca Juga:

  • Terus Merebak, Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Brebes Capai 64 Kasus.
  • Tak Ada Prediksi Akurat, Pengamat: Zona Hijau Bisa Tiba-tiba Berubah Jadi Merah Bahkan Hitam.

Berita Terbaru