Refocusing, Visi-Misi Bupati dan Wakil Bupati Tegal untuk Jalan Bebas Lubang Sulit Direalisasi

SLAWI - Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Tegal untuk jalan bebas lubang di tahun ini sulit direalisasi. Hal itu karena anggaran peningkatan dan pemeliharaan jalan yang direfocusing untuk penanganan Covid-19.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Tegal M. Khuzaeni, Rabu (7/4) mengatakan, tahun 2021 ini jalan yang berstatus mantap kembali berkurang. Dari sebelumnya 80 persen, sekarang tidak lebih dari 60 persen.

Dirinya sangat menyayangkan kondisi tersebut karena mestinya Pemkab Tegal tidak merefocusing anggaran infrastruktur jalan. Karena citra kepala daerah akan terlihat pada jalan yang halus atau bebas lubang.

"Tapi kalau jalannya jelek, banyak lubang, masyarakat akan menilai jika pemerintah tidak berpihak pada pembangunan," katanya.

Jika Pemkab Tegal hendak melakukan refocusing, tambah M. Khuzaeni, sebaiknya mencari anggaran yang tidak krusial. Dicontohkan, pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP) yang menelan anggaran hingga belasan miliar rupiah. Sejatinya, MPP belum dibutuhkan oleh masyarakat karena sistemnya juga belum jelas.

"Daripada anggaran di DPU direfocusing, mending anggaran MPP. Apalagi nilainya besar, lagi pula juga tidak mendesak dibutuhkan. Kalau infrastruktur jalan dibutuhkan sekali oleh masyarakat," tambahnya.

Dirinya tak menampik, lanjut M. Khuzaeni, saat ini Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tegal memang sedang melaksanakan pekerjaan pemeliharaan jalan. Sebagian lokasi juga sudah dikerjakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Saat ini banyak sekali jalan yang rusak. Kalau dibiarkan, maka kerusakan akan bertambah," tandasnya.

Harapan dirinya, anggaran MPP dialihkan untuk infrastruktur jalan. (guh/ima)

Baca Juga:

  • Jozeph Paul Zhang Ternyata Lulusan SMA Favorit di Tegal, Saat Sekolah Prestasinya Biasa Saja.
  • Jozeph Paul Zhang Semakin Provokatif, Ring 1 SBY: Masak Negara Kalah Sama Satu Orang Pecundang Kayak Gini.

Berita Terkait

Berita Terbaru