Ribuan RTLH di Brebes Terima Bantuan BSPS

BREBES - Sebanyak ribuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Brebes menerima bantuan rehab, melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Dari data yang diterima, tahun ini sebanyak 1.300 RTLH bakal menerima bantuan tersebut.

Salah seorang penerima bantun BSPS di Desa Slatri Kecamatan Larangan, Sobikhin (60) mengaku senang mendapat bantuan rehab rumah miliknya. Bahkan, saat ini sedang dalam proses perbaikan.

"Alhamdulilah, saya mendapat bantuan rehab ini dari Mba Mitha. Rumah saya jadi lebih layak dan sehat," ujarnya.

Anggota DPRD Kabupaten Brebes yang mendampingi saat penyerahan bantuan secara simbolis di Desa Slatri, M. Rizki Ubaidilah mengatakan, total bantuan BSPS di Kabupaten Brebes senilai total puluhan miliar.

Bantuan ini merupakan aspirasi dari Anggota DPR RI Paramitha Widya Kusuma.

Tidak hanya tahun ini, kata dia, di tahun 2020 lalu, anggota DPR RI ini juga mengucurkan aspirasinya bagi rehab sebanyak 50 RTLH di Brebes. Kemudian, di tahun 2021 juga disalurkan bantuan rehab bagi 200 RTLH.

Anggota DPR RI Fraksi PDIP Paramitha Widya Kusuma mengatakan, tahun ini bantuan BSPS tersebar di 28 desa di sembilan kecamatan di Kabupaten Brebes.

Yakni Kecamatan Larangan, Ketanggungan, Banjarharjo, Tanjung, Losari, Bulakamba, Songgom, Brebes dan Wanasari. Penyaluran program BSPS itu terbagi dalam tiga tahap hingga akhir tahun nanti.

Untuk penyaluran kali ini masuk dalam tahap pertama dengan sasaran sebanyak 974 RTLH. Sedangkan sisanya, disalurkan pada tahap dua dan tiga.

"Setiap warga penerima manfaat BSPS ini mendapatkan bantuan Rp20 juta, berupa material dan biaya untuk tukang. Nilai bantuan itu memang dinilai kurang, sehingga sesuai nama programnya kami berharap dari para penerima ini tumbuh swadaya," ungkapnya.

Dijelaskannya, program BSPS merupakan bentuk komitmen pihaknya sebagai anggota DPR RI dapil IX Jateng, untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mengatasi kemiskinan ekstrem, sekaligus mendorong peningkatan Indeks Prestasi Manusia (IPM) di Kota Bawang. Apalagi, Brebes masuk dalam salah satu daerah miskin ekstrem di Jawa Tengah.

Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Brebes Heri Pasaribu mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas perjuangan dan kepedulian Anggota DPR RI Paramitha Widya Kusuma, sehingga masyarakat Brebes yang rumahnya tidak layak bisa tertangani.

Diharapkan, bantuan rehab rumah itu bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh penerima manfaat, sehingga tempat tinggalnya bisa layak huni.

"Kami mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Mba Mitha. Dengan bantuan ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, dengan rumah layak huni masyarakat akan hidup sehat," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Dilengserkan dari Presiden ACT, Ahyudin Diduga Dirikan Lembaga Donasi Baru GMC.
  • Jadi Polemik, Ustaz Ahong Bilang ACT Sudah Lama Terindikasi Danai Aksi Terorisme di Suriah.

Berita Terkait

Berita Terbaru