Ribuan Rumah di Jalur Pantura Terendam Banjir, 200 Jiwa Lebih Mengungsi

WARUREJA - Dua desa di wilayah Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal dilanda banjir besar, karena meluapnya Kali Rambut, Rabu (13/1) malam, sekitar pukul 20.30 WIB. Akibatnya, ribuan rumah terendam dan ratusan warga terpaksa mengungsi di Masjid terdekat.

Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo melalui relawannya Moh. Ramedhon mengatakan hasil assesment yang dilakukan pihaknya menyebutkan wilayah yang dilanda banjir di antaranya di Dukuh Sukalila Desa Sukareja Kecamatan Warureja. Wilayah yang terdampak meliputi RW 1, 2, 3, dan 10 dengan ketinggian air antara 40-170 centimeter.

"Banjir menggenangi rumah dan akses jalan desa," katanya.

Menurut Ramedhon, jumlah yang terdampak sebanyak 2.300 jiwa. Sebanyak 200 orang dari wilayah RW 1 dan 2 terpaksa mengungsi di Masjid Baiturrohman.

Wilayah selanjutnya yang terdampak yakni Desa Banjaragung Kecamatan Warureja. Menurut Ramedhon, banjir yang menggenangi rumah dan akses jalan desa mencapai 50-140 centimeter.

Disebutkannya, untuk di Dukuh Buyut RW 4 dan 5 ada sekitar 200 rumah, Dukuhturi di 1,2,3 ada 1.000 rumah, Randu RW 6 sekitar 55 rumah dan Banjaranyar RW 7 serta 8 Sekitar 300 rumah. Sedangkan kepala keluarga sebanyak 1.555 KK dengan jumlah jiwa 4.665.

"Hujan deras yang terjadi di wilayah selatan sejak sore hingga malam mengakibatkan air sungai Rambut dan saluran irigasi meluap,"tandasnya.

Di wilayah ini, imbuh Ramedhon, terpantau air mulai surut. Serta tidak ada warga yang mengungsi. (muj/zul)

Baca Juga:

  • Kasus Positif Covid-19 Sudah Tembus 1 Juta Lebih, Pemerintah Siapkan Lockdown Terbatas.
  • Pandemi Belum Berkurang, Muncul Serangan Virus Baru Nipah yang Lebih Ganas dari Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terbaru