Ronaldo Disebut-sebut Sedang Ditawarkan ke Klub Lain

TURIN - Pandemi Covid-19 belum memperlihatkan penurunannya, namun bisnis sepakbola tetap jalan terus. Seperti di Serie A, klub belum bisa memberikan jaminan proyeksi pendapatannya musim depan.

Dilansir dari Daily Mail, gaji yang sangat besar yang harus dibayarkan Juventus, nampaknya membuat Presiden Andrea Agnelli tidak tidur nyenyak.

Hal itulah yang membuat praktisi transfer asal Spanyol, Guillem Balague, pemimpin teras Juventus mulai menawarkan pemain 35 tahun itu ke sejumlah klub raksasa Eropa, di antaranya Barcelona dan Paris Saint-Germain.

Dikutip dari Calciomercato, Juventus mengalami kerugian pendapatan hingga EUR 110 juta (sekitar Rp1,8 triliun) selama pandemi ini. Kerugian yang paling kentara adalah kehilangan EUR 45 juta (sekitar Rp734 miliar) dari hak siar televisI.

”Artinya manajemen Juventus tak lagi memiliki uang untuk menggaji pesepakbola peraih lima trofi Ballon d'Or tersebut,” ujar Balague kepada Dailymail.

Di sisi lain, si Nyonya Tua tengah bersiap-siap merombak skuad besar-besaran pada bursa transfer musim panas nanti. Baru-baru ini baru tujuh pemain yang harus dilepas sang pelatih baru, Andrea Pirlo agar kondisi tim stabil dan juga keuangannya.

Balague yakin memiliki pemain seperti Cristiano Ronaldo hanya akan jadi beban La Vecchia Signora. La Gazzetta dello Sport melaporkan klub berjuluk Bianconeri itu memberikan gaji GBP 540 ribu (sekitar Rp10,381 miliar) per pekan untuk Ronaldo.

Jumlah itu puluhan kali lipat dari yang diterima sang Pelatih Andrea Pirlo yang menerima gaji EUR 2 juta euro (Rp34 miliar) per tahun. Artinya, gaji Pirlo selama setahun masih di bawah bayaran Ronaldo satu bulan.

Sementara bagi Balague, performa Ronaldo sebenarnya tetap stabil dengan menduduki runner up top skorer Italia musim ini, tapi baginya itu belum cukup. CR7 (julukan Ronaldo) tidak lagi muda dan beban gajinya jadi salah satu sumber masalah internal terbesar Juventus sampai saat ini.

”Namun, sulit melihat Ronaldo berlabuh di Barcelona.Tapi bisa saja PSG memilikinya,” paparnya.

Kabarnya, agen Ronaldo yakni Jorge Mendes sudah mengadakan pertemuan dengan direktur olahraga PSG, Leonardo de Araujo. Apalagi, CR7 masih terikat kontrak sampai tahun 2022 mendatang. Artinya masih dua tahun lagi pemain asal Portugal itu bakal berada di Juventus.

”Ada anggapan bahwa Jorge Mendes diberi instruksi untuk menemukan tim baru bagi Ronaldo,” kata Balague.

“Ada pembicaraan dengan klub-klub MLS, karena Juventus benar-benar ingin menghilangkan gaji Ronaldo. Ronaldo ditawarkan ke mana-mana, termasuk ke Barcelona,” tambahnya.

Entah Ronaldo bertahan atau pergi, Balague yakin Pirlo harus menemukan cara untuk memperbaiki skuad yang sekarang. Harus ada pemain-pemain yang dibuang dan mendatangkan pemain baru untuk menyegarkan skuad. (fin/zul/tgr)

Baca Juga:

  • Bantah Sukmawati bahwa Ideologi PKI Bukan Pancasila, Fadli Zon: PKI Bukan Unsur yang Terlibat dalam Proklamasi Indonesia.
  • Unggah Ceramah UAS, Mahfud MD: Terkadang Masih Ada Orang yang Ingin Mengadu Domba Antartokoh Islam.

Berita Terkait

Berita Terbaru