Ruhut Ingatkan Roy Suryo soal Unggahan Stupa Mirip Jokowi: Biarlah Proses Hukum yang Dilakukan

JAKARTA - Unggahan Roy Suryo berupa dua foto editan stupa di Candi Borobudur yang menyerupai Presiden Joko Widodo (Jokowi) di media sosial Twitter langsung memicu polemik. Postingan itupun langsung direspons politikus PDI Perjuangan, Ruhut Sitompul.

Menurut Ruhut, unggahan mantan menpora tersebut merupakan bentuk penghinaan terhadap kepala negara. "Jelas penghinaan terhadap presiden, jelas menghina terhadap salah satu agama," kata Ruhut Sitompul, Selasa (14/6) malam.

Ruhut menjelaskan presiden merupakan salah satu pimpinan tertinggi di Indonesia. Sehingga Roy Suryo seharusnya menghormatinya.

"Kita negara hukum, hal yang seperti ini kita harus hati-hari. Apalagi presiden itu salah satu pimpinan lembaga tinggi di negara kita," ujar Ruhut.

Sementara itu terkait stupa, kata Ruhut, merupakan simbol keagamaan. "Candi Borobudur itu tempat yang sangat sejuk bagi salah satu agama yang ada di Indonesia yaitu agama Buddha," kata Ruhut.

Mantan politisi Partai Demokrat itu pun menyerahkan sepenuhnya unggahan Roy dengan proses hukum yang berlaku. "Kalau ini tidak kita hormati, kita mau apalagi. Karena itu, biarlah proses hukum yang dilakukan," pungkas Ruhut Sitompul.

Roy Suryo sebelumnya mengunggah dua foto editan stupa di Candi Borobudur yang menyerupai Presiden Joko Widodo pada akun @KRMTRoySuryo2 di Twitter. Roy Suryo juga telah mengklarifikasi perihal unggahannya tersebut.

Menurut Roy, dua meme yang diunggahnya itu bukan buatannya. Sebab, dia hanya mengunggah ulang dilengkapi identitas akun asli pengunggah kedua meme tersebut.

"Justru itu saya sengaja menampilkan unggahan-unggahan yang sudah ada sebelumnya," kata Roy Suryo saat dikonfirmasi JPNN.com, Selasa (14/6).

Karenanya, lanjut Roy, dia mengunggah ulang dilengkapi nama lengkap pengunggah pertamanya. "Saya juga simpan semua URL pengunggah pertamanya kok. Masa begitu enggak paham UU ITE sebenarnya," pungkas Roy. (jpnn/zul)

Baca Juga:

  • Ada Pergerakan 20 Pasukan di Luar Kendali Dukung Sambo, Ketua IPW: Brimob Sampai Tak Ingin Bentrok.
  • Satgas UU Cipta Kerja Itikad Bagus Pemerintah, Ganjar: Mudah-mudahan Bisa Menyerap Aspirasi Masyarakat.

Berita Terkait

Berita Terbaru