Sangat Apatis! Warga yang Aktif Lapor ke KPU Cuma Satu Orang

BREBES - Meski update daftar pemilih berkelanjutan sudah disosialisasikan sejak April lalu, tetapi sikap warga terhadap program Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut masih sangat apatis.

Terlihat dari jumlah pelapor aktif yang sangat minim yakni hanya satu orang. Hal ini seperti diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Brebes Muamar Riza Pahlevi, Rabu (15/7).

Riza menyayangkan peran serta masyarakat yang masih apatis terhadap daftar pemilih ini. Padahal sejak April lalu, KPU sudah menyosialisasikan daftar pemilih berkelanjutan itu.

"Hanya satu orang yang aktif melaporkan ke KPU. Update data sisanya berdasarkan hasil koordinasi dengan Dindukcapil Kabupaten Brebes," ungkapnya saat
menggelar rapat pleno di kantor KPU setempat.

Rapat pleno dilakukan via daring, yang diikuti forkopimda, OPD terkait dan perwakilan partai politik di Kabupaten Brebes.

Dia menjelaskan jika pleno tersebut merupakan tindak lanjut Surat Edaran (SE) KPU RI yang memerintahkan KPU kabupaten/kota untuk menggelar rapat pleno terbuka terkait dengan daftar pemilih berkelanjutan.

“Sebelumnya sudah dilaksanakan pleno terkait daftar pemilih berkelanjutan, namun secara tertutup. Kali ini, kita lakukan secara terbuka,” katanya.

Dijelaskannya, daftar pemilih berkelanjutan ini merupakan kewajiban dari KPU untuk update data pemilih, baik yang baru maupun pemilih yang belum masuk ke dalam daftar pemilih. Meskipun Kabupaten Brebes tidak menyelenggarakan pilkada, kata dia, akan tetapi daftar pemilih akan terus diperbaharui. Begitu pula dengan pemilih yang ubah data maupun tidak memenuhi syarat harus diperbaharui.

"Setiap sebulan sekali kita akan susun secara berkala dan berkelanjutan. Baik itu data pemilih yang baru maupun yang belum masuk," jelasnya.

Pihaknya juga meminta kepada pengurus partai politik, barangkali ada kader dan konstituen yang belum masuk daftar atau pindah domisili, serta ubah data, untuk disampaikan kepada KPU untuk di-update.

Dari hasil rekapitulasi pemutakhiran daftar pemilih, yang yang dibacakan Anggota KPU Divisi Program dan Data Moch Muarofah, jumlah pemilih mencapai 1.519.917, yang terdiri dari laki-laki sejumlah 767.305 dan perempuan 752.612. Sedangkan daftar pemilih yang TMS total ada 16.129.(ded/ima)

Baca Juga:

  • Tak Ada Prediksi Akurat, Pengamat: Zona Hijau Bisa Tiba-tiba Berubah Jadi Merah Bahkan Hitam.
  • Mantan Pengacara Djoko Tjanda Anita Kolopaking Berakhir di Penjara, Usai Diperiksa 18 Jam.

Berita Terkait

Berita Terbaru