Santai Tanggapi Istrinya yang Joget di TikTok, Ustaz Solmed Dibalas Ulama Ini

JAKARTA - Ustaz Solmed dipandang telah keliru menyampaikan pendapat soal hukum menari. Penceramah ini memperbolehkan menari atau berjoget bagi perempuan menanggapi kritikan terkait konten joget di TikTok milik istrinya, April Jasmine.

Respon balasan keluar dari ulama Abduh Muhamad Tuasikal. Ustaz Tuasikal merasa perlu membuat catatan soal ini.

“Istri Ustaz joget Tiktok. Kenapa kami membahas hal ini; karena ustaz ini adalah public figure. Ia menyampaikan pendapatnya dalam bahasa Arab dengan menukil pendapat dalam madzhab Syafii, tetapi salah penempatan,” tulisnya di akun Instagram-nya, Minggu (4/4).

Ustaz Tuasikal menuliskan bahwa menari tidak untuk perempuan di ranah publik.

“Catatan untuk ustad ini; Ulama Syafiiyah bolehkan ar-raqshu (menari), tetapi tidak untuk perempuan, apalagi untuk santapan publik,” tegasnya dikutip dari Pojoksatu.

Ustaz Tuasikal menjelaskan, hukum joget atau menggerakkan badan bisa dihukumi mubah seperti menari dengan alat perang. Seperti contoh, yang dilakukan oleh orang Habasyah yang ditonton Aisyah.

“Bisa juga dihukumi makruh seperti bergoyang pada umumnya (asalkan tidak menjatuhkan muru’ah, kewibawaan), dan bisa juga dihukumi haram jika diiringi hal haram atau dilakukan dalam rangka ibadah,” ungkapnya.

Dia mengatakan, berjoget atau menarinya seorang wanita di hadapan yang bukan mahram dihukum haram karena godaan wanita begitu dahsyat.

“Jika ar-raqshu (kita sebut lemah gemulainya) yang dilakukan istri di hadapan suami, hukumnya halal. Hal ini dengan catatan, tidak dilihat oleh orang lain,” lanjutnya.

Para ulama, lanjutnya sepakat akan ditolaknya persaksian para penari (ar-raqqash) karena seperti ini menjatuhkan muru’ah (kewibawaan).

“Padahal muru’ah ini adalah faktor diterimanya suatu persaksian,” timpalnya.

Menyewa penari, juga tergantung dari hukum menari. Jika menarinya mubah, dihukumi mubah. Jika menarinya haram, dihukumi haram. Jika menarinya makruh, dihukumi makruh.

“Menari, berdansa, joget menjadi haram jika dibarengi dengan hal yang diharamkan syariat seperti minum khamar dan membuka aurat, termasuk juga jika diiringi musik,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ustaz Solmed menanggapi santai respon negatif netizen terhadap konten video TikTok milik istrinya, April Jasmine.

Dia membela sang istri dengan mengunggah tulisan Arab di akun Instagram-nya yang disebutnya berisi tulisan hukum menari.

Dia mengatakan menari itu ibarat senam, yang berhukum boleh bukan dilarang.

“Di sini aja ngumpulnya. Nih yang mau baca hukum menari, senam, joget. Biar enggak ngabisin quota, intinya apa? Boleh dengan catatan ya,” tulisnya, Jumat (2/4).

Dia malah mengajak warganet untuk berTikTok ria.

“Mari kita TikTokan. Hitung-hitung kaya senam SKJ zaman dulu,” lanjutnya.

Ustaz Solmed juga memastikan tidak peduli dengan omongan netizen.

“Maaf ya saya merdeka, bukan yang ikut arus aturan deterjen,” tegasnya. (nin/pojoksatu/ima)

Baca Juga:

  • Jozeph Paul Zhang Ternyata Lulusan SMA Favorit di Tegal, Saat Sekolah Prestasinya Biasa Saja.
  • Jozeph Paul Zhang Semakin Provokatif, Ring 1 SBY: Masak Negara Kalah Sama Satu Orang Pecundang Kayak Gini.

Berita Terbaru