Sebagai Penyeimbang Perputaran Ekonomi, Dinperinaker Bentuk Komunitas IKM Milenial

BREBES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) terus mendukung pelaku maupun produksi Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Brebes, terus berkembang dan lebih baik lagi.

Salah satu upayanya, pihaknya telah membentuk IKM Milenial agar lebih fokus sebagai penyeimbang perputaran ekonomi dan pemberdayaan.

"Kekuatan untuk menopang perekonomian itu, salah satunya ada di IKM. Oleh karenanya harus terus berinovasi dan berkreasi," ungkap Kepala Dineperinaker Brebes Warsito Eko Putro usai menggelar seminar nasional bersama 65 pelaku IKM di aula pertemuan Hotel Grand Dian Brebes, Senin (16/5).

Dalam IKM milenial berbasis komunitas ini, kata dia, pihaknya memberikan beberapa bantuan.

Termasuk pelatihan produksi, pengemasan, hingga akses permodalan dengan pembiayaan KUR Bank BUMN.

"Karena pemberdayaan ekonomi bisa ditempuh dengan keberadaan IKM yang terus tumbuh dan regenerasi," jelasnya.

Ditambahkannya, strategi pemasaran IKM Milenial ini lebih fokus melalui platform digital atau online. Sehingga dalam pemasaran tak membutuhkan biaya yang mahal dan cukup murah.

"Harapan kami ke depan produk-produk yang mereka hasilkan bisa memiliki daya saing dan menciptakan lapangan pekerjaan serta mengurangi angka pengangguran terbuka yang ada di Kabupaten Brebes," terangnya.

Meski demikian, ada beberapa kendala dalam pengembangan IKM. Salah satunya, terkait kesulitan bahan baku dan perizinan. Namun, untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihaknya akan melakukan koordinasi lebih lanjut kepada pihak terkait.

"Memang ada beberapa keluhan dari teman-teman IKM, misal bahan baku ikan nanti kita akan libatkan Dinas Perikanan, untuk bahan baku hasil pertanian nanti kita akan libatkan Dinas Pertanian. Dan juga, untuk kendala di perizinan akan kita fasilitasi ke Dinas Perizinan untuk pendampingan hingga selesai. Pada prinsipnya pemkab terus mendorong pelaku IKM terus berkembang," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Heboh! Ada Jatah Haji untuk Pejabat Kemenag, Anggota DPR, dan Ormas Islam.
  • Diserang Simpatisan Tersangka Pencabulan yang Juga Anak Kiai, Seorang Polisi Terluka.

Berita Terkait

Berita Terbaru