Sebut Berbeda dengan Muhammadiyah, Jusuf Kalla: Tata Kelola NU Mirip Franchise, McDonald's

JAKARTA - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam Halaqoh Satu Abad NU bertema Gagasan Kontributif Membangun Kemandirian Ekonomi Nahdliyyin di Kantor DPP PKB, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (2/12) menyebut NU berbeda dengan Muhammadiyah.

Menurutnya, Organisasi Masyarakat Nahdlatul Ulama (NU) tidak ubahnya sebuah franchise besar yang memiliki banyak cabang, tetapi aset-asetnya dimiliki individu yang berbeda-beda.

Aset-aset NU, kata JK, berbeda sama sekali dengan apa yang dikelola Muhammadiyah di mana setiap aset mulai aset pendidikan sampai kesehatan semuanya menjadi milik organisasi.

"Tadi disampaikan bahwa ribuan pesantren di INA (Indonesia) sebagian besar dimiliki oleh NU. Bukan milik NU tapi milik orang NU, ada bedanya," kata JK dikutip dari RMOL.

"Berbeda dengan Muhamadiyah, kalau Muhammadiyah rumah sakit, sekolah itu milik Muhammadiyah, arsip Muhammadiyah, tapi kalau NU milik para kiai orang NU," sambungnya.

Tata kelola NU, lanjut JK, mirip seperti franchise waralaba makanan cepat saji McDonald's. Di mana, perusahaan besar asal Amerika Serikat itu bisa dikenal di seluruh penjuru dunia.

"Jadi saya sering minta maaf saya katakan, kalau NU itu kaya franchise, McDonald's. Semua McDonald's itu adalah yang punya beda-beda. Kalau Muhammadiyah murni holding company, dari atas sampai ke bawah dia punya sendiri," terangnya.

Meski begitu, lanjut Mustasyar PBNU ini, warga Nahdliyyin sebetulnya memiliki satu kebanggaan yakni bagaimana jiwa berwirausaha mampu membangun ribuan pesantren secara mandiri.

"Saya bilang orang-orang NU itu entrepreneurshipnya itu tinggi. Karena bisa dirikan pesantren ribuan," pungkasnya. (rmol.id/ima)

Baca Juga:

  • Ada Pergerakan 20 Pasukan di Luar Kendali Dukung Sambo, Ketua IPW: Brimob Sampai Tak Ingin Bentrok.
  • Satgas UU Cipta Kerja Itikad Bagus Pemerintah, Ganjar: Mudah-mudahan Bisa Menyerap Aspirasi Masyarakat.

Berita Terkait

Berita Terbaru