Selain Merendam Wilayah Perkotaan, Banjir Juga Menggenangi Tiga Desa di Jatibarang

BREBES - Hujan yang mengguyur Kabupaten Brebes semalaman (22/11) membuat sejumlah permukiman di wilayah perkotaan terendam banjir. Selain merendam wilayah perkotaan, banjir juga merendam beberapa desa di Kecamatan Jatibarang.

Camat Jatibarang Imam Tauhid mengatakan, ketiga desa yang sebagian wilayahnya terendam banjir yakni Desa Kalipucang, Kendawa dan Desa Klikiran. Wilayah ketiga desa tersebut terendam banjir lantaran meluapnya sungai perbatasan Tegal dan Brebes (Sungai Kaligangsa).

"Tapi siang ini air sudah surut. Tapi, kalau tadi pagi ketinggian air mencapai 10 sentimeter," ungkapnya, Selasa (23/11).

Seperti diketahui, hujan deras yang mengguyur Kabupaten Brebes semalaman membuat beberapa titik di perkotaan hingga desa terendam. Di perkotaan, sejumlah halaman permukiman warga hingga perkantoran tergenang air.

"Misalnya di Perumahan Limbangan Indah banyak jalan-jalan yang tergenang. Misalnya, di Jalan Sulawesi. Ketinggian air bervariasi, ada yang 20 centimeter hingga 30 centimeter," ujarnya Kepala BPBD Brebes Nushy Mansur.

Bahkan, kata dia, di permukiman warga dekat Balai Desa Limbangan Wetan ada sejumlah rumah yang terendam, meskipun ketinggiannya hanya 10 centimeter. Sedangkan untuk perkantoran, lanjutnya, memang ada sejumlah kantor di Kabupaten Brebes yang terendam air. Walaupun ketinggiannya tidak terlalu tinggi.

"Seperti di BPBD Kabupaten Brebes itu hanya di pekarangannya saja. Terus di Dinas Pariwisata juga terendam air," ucapnya.

Pantauan di lapangan, sejumlah kantor di wilayah perkantoran di Kabupaten Brebes hingga pukul 08.30 WIB masih tergenang banjir. Sejumlah pompa air nampak sedang menyedot air di halaman perkantoran untuk di buang ke sungai. Beberapa kantor yang tergenang banjir (halamannya) yakni Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora), Dinas Lingkungan Hidup dan Pengolahan Sampah (DLHPS), Dinas Pariwisata, dan lainnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Bukan 1, Polisi Akui Terima 3 Laporan Terkait Dugaan Benny K Harman Tampar Pegawai Restoran.
  • Jika Nasdem Bersama Golkar, PAN, PPP, dan PKB Usung Ganjar, Pengamat: Ini Skenario Jegal Anies Baswedan.

Berita Terkait

Berita Terbaru