Selama Ramadan, Vaksinasi Covid-19 Akan Dikemas dengan Buka Bersama

BREBES - Jelang bulan puasa, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes akan tetap melakukan vaksinasi Covid-19. Nantinya pelaksanaan vaksinasi akan dikemas dengan acara buka bersama.

Untuk diketahui, sasaran vaksinasi pada bulan puasa nanti adalah lansia untuk dosis dua dan para kader kesehatan. Ada sekitar 8.000 lansia yang sesuai jadwal akan divaksin dalam bulan puasa ini.
Sedangkan kader kesehatan jumlahnya mencapai 20 ribu orang.

Kepala Dinas Kesehatan Brebes dr Sartono mengatakan, pihaknya akan tetap melakukan vaksinasi meski sebentar lagi masuk bulan puasa. Meski demikian, dalam pelaksanaan vaksinasi, pihaknya akan berusaha tidak mengganggu puasa yang akan divaksin.

"Selama puasa nanti vaksinasi tetap akan kita laksanakan, karena ini merupakan program pemerintah. Dan kami telah mengirimkan surat edaran ke tiap-tiap puskesmas," jelasnya.

Dalam surat edaran itu, kata dia, masing-masing puskesmas agar mengemas pelaksanaan vaksinasi sesuai kondisi masyarakat selama puasa. Salah satu caranya, dengan mengemas vaksinasi dalam acara buka puasa bersama.

"Untuk teknisnya kita menyarankan ke masing-masing puskesmas. Namun, jika dilaksanakan bebarengan buka puasa, itu lebih bagus karena sebelum buka puasa bisa dilakukan skrining," terangnya.

Meski begitu, jika ada cara lain, Sartono menyarankan agar dilaksanakan lebih pagi. Dengan demikian, kondisi orang yang akan divaksin perut tidak kosong.

"Kalau mau vaksin seperti biasa boleh. Namun, harus lebih pagi, karena mereka (warga) perutnya tidak terlalu kosong," pungkasnya.(ded/ima)

Baca Juga:

  • Jozeph Paul Zhang Ternyata Lulusan SMA Favorit di Tegal, Saat Sekolah Prestasinya Biasa Saja.
  • Jozeph Paul Zhang Semakin Provokatif, Ring 1 SBY: Masak Negara Kalah Sama Satu Orang Pecundang Kayak Gini.

Berita Terkait

Berita Terbaru