Seratusan Hewan Kurban di Pemalang Dicek Satu Persatu, yang Tak Sehat Ditandai

PEMALANG - Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pemkab Pemalang mulai memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban. Pengecekan dilakukan di sejumlah pangkalan penjualan hewan kurban di Pemalang.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Kurban Dinas Pertanian Pemalang Joni mengatakan, pengecekan dilakukan untuk memastikan hewan kurban yang akan dibeli masyarakat dalam kondisi sehat dan memenuhi syarat untuk kurban.

"Hari ini sudah mulai pengecekan, dan akan dilanjutkan besok," katanya, Senin (13/7).

Dalam pengecekan hari itu, petugas mendatangi pangkalan hewan kurban di Jalan Kenanga Pelutan Pemalang, serta di depan SMA Negeri 3 Pemalang. Totalnya ada 150 ekor kambing yang diperiksa, 16 ekor domba dan 27 ekor sapi.

Petugas Pengecekan drh Haviz Faisal mengatakan, pemeriksaan ini secara umum melihat kondisi kesehatan hewan, termasuk kecacatan, dan usia. Beberapa hewan yang kurang sehat ataupun usianya masih cukup muda, kemudian ditandai.

"Kalau masih bisa diobati kita berikan obat, dengan memperhatikan waktu henti obat sampai dengan Idul Adha, karena ada beberapa obat yang harus dihentikan sebelum hewan akan dipotong," katanya. (sul/ima)

Baca Juga:

  • Bupati Pemalang Dicibir Netizen Pura-pura Positif Covid-19: Saya Biasa Dibully.
  • Penahanan Djoko Tjandra Dianggap Tidak Sah, Kejagung: Kejaksaan Hanya Menjalani Eksekusi Bukan Penahanan.

Berita Terkait

Berita Terbaru