Setiap Hari, Produksi Sampah di Brebes Capai 954 Ton

BREBES - Data Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes menyebutkan, produksi sampah di kota bawang merah ini mencapai 954 ton per hari.

Jumlah tersebut tersebar di dua Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ada di Kabupaten Brebes.

Kepala DLHPS Kabupaten Brebes La Ode Vindar Nugroho mengungkapkan, per hari di Kabupaten Brebes produksi sampah mencapai 954 ton. Ratusan ton sampah tersebut diangkut ke TPA Kalijurang, Kecamatan Tonjong (untuk wilayah selatan) dan TPA Kalilingi, Kecamatan Brebes (untuk wilayah perkotaan dan tengah).

"Memang saat ini Brebes membutuhkan satu TPA lagi untuk membantu menampung sampah yang ada di TPA Kalilingi," ujarnya, Senin (29/11).

Dijelaskannya, keberadaan satu TPA dirasa sangat dibutuhkan lantaran TPA Kalilingi kurang mampu jika menampung sampah dari wilayah tengah. Karenanya, pihaknya berencana akan membangun TPA di Desa Kubangsari untuk menampung sampah di wilayah tengah seperti Kecamatan Jatibarang, Kersana, Ketanggungan, Ketanggungan dan Larangan.

"Kebetulan tahun ini anggaran kita direfocusing, sehingga sampai saat ini rencana pembangunan TPA di Kubangsari belum terrealisasi," ucapnya.

Ditambahkannya, persoalan sampah ini merupakan tanggung jawab bersama. Hal ini bisa juga teratasi jika seluruh desa yang ada di Kabupaten Brebes bisa mendirikan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST).

"Apalagi sesuai dengan permendes terbaru, masing-masing desa bisa membangun TPST dengan menggunakan Dana Desa (DD) yaitu 4 persen dari alokasi anggaran DD yang diterima," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Arteria Dahlan Pernah Protes karena Tidak Dipanggil Yang Terhormat, Netizen: Saking Angkuhnya.
  • Arteria Dahlan Ternyata Lulusan Tanah Sunda, Prof Romli Atmasasmita: Rasa Malumu di Mana?.

Berita Terkait

Berita Terbaru