Siap-siap! Pembuatan Akun Prakerja Gelombang 12 Resmi Dibuka

JAKARTA - Meskipun tanggal pendaftarannya belum dirilis, program pemerintah dalam melakukan bantuan pembiayaan dan peningkatan kompetensi melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, kembali membuka pembuatan akun untuk program Kartu Prakerja Gelombang 12.

Mengingat kuota yang disediakan tiap gelombang cukup terbatas,
para pencari kerja diminta segera melakukan pembuatan akun, sehingga pada saat gelombang pendaftaran terbuka, dapat langsung mengikuti seleksi.

Hal ini diumumkan melalui akun official Instagram prakerja.go.id secara resmi.

“Resmi dibuka! Situs kartu prakerja sudah terbuka untuk sobat yang belum memiliki akun dan ingin membuat akun. Dengan membuat akun, nantinya hanya tinggal mengikuti seleksi saja ketika ada pembukaan gelombang,” tulis dalam pemberitahuan tersebut, Senin (22/2).

Dikutip dari Fajar, Head of Communication Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja Louisa Tuhatu juga membeberkan bahwa pembuatan akun Prakerja tahun 2021 dalam situs resmi prakerja.go.id sudah dapat diakses. Iapun berharap agar pendaftar yang tidak lulus pada periode sebelumnya, juga turut melakukan pembaruan akun.

“Situs Prakerja sudah bisa menerima pembuatan akun untuk mereka yang berminat mengikuti program Kartu Prakerja 2021, untuk mereka yang sudah punya akun di tahun 2020 tetapi belum lolos seleksi juga bisa melakukan pembaharuan akun andaikata ada data yang berubah,” papar Louisia kepada media, Minggu (21/2) dikutip dari Fajar.

Sebelumnya, telah beredar informasi palsu terkait pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12. Namun hal itu ditepis oleh direksi Prakerja melalui situs resminya. Pasalnya, website yang beredar mengatasnamakan situs resmi Prakerja namun tak berdomain goverment. Nahasnya, situs tersebut meminta data pribadi para pendaftar dan diduga untuk disalahgunakan.

“Kami juga meminta para pendaftar untuk berhati-hati jika menerima email dari alamat domain yang bukan prakerja.go.id. Kami mohon agar email-email seperti itu diabaikan atau dilaporkan sebagai spam,” tulis pemberitahuan dalam website Prakerja, dikutip Senin (22/2).

Sementara itu, pembuatan akun prakerja gelombang 12 dapat diakses melalui www.prakerja.go.id, cara dan tutorialnya cukup sederhana. Namun, pendaftaran gelombang 12 belum terbuka dan akan diumumkan oleh direksi Prakerja di kemudian hari. (mg2/fajar/ima)

Baca Juga:

  • Tolak Keras Investasi Miras dari Tahanan, Habib Rizieq: Miras Induk dari Semua Bentuk Maksiat.
  • Mulai Akur dan Dikabarkan Islah, Jumadi Puji Wali Kota Berhasil Terapkan PPKM.

Berita Terkait

Berita Terbaru