Siapa Mau, De Gea Akan Dijual MU Rp1 Triliun

MANCHESTER - Penjaga gawang utama Manchester United (MU), David de Gea nampaknya masuk dalam daftar nama bersama empat kiper lainnya yang bakal dijual pada bursa transfer musim panas nanti.

Sepertinya, Ole Gunnar Solskjaer dan management MU telah menimbang, bahwa kiper utama mereka musim depan jatuh kepada Dean Henderson. Sebelumnya, The Red Devils memang ingin menjual salah satu kipernya.

Opsinya adalah De Gea atau Dean Henderson. Sempat beredar rumor jika mereka memilih untuk melepas Henderson, karena De Gea lebih berpengalaman dan teruji.

Namun, seperti dikabarkan Sportskeeda, Rabu (7/4), manajemen MU mulai bimbang. Mereka menilai menjual De Gea akan lebih baik, ketimbang melepas Henderson.

Pertimbangan gaji De Gea yang teramat besar menjadi alasan MU. Maklum, gaji penjaga gawang berpaspor Spanyol tersebut mencapai 350 ribu poundsterling (Rp7 miliar) per pekan.

Dalam masa pandemi, kondisi keuangan MU sedikit sulit. Oleh sebab itu, mereka ingin mengurangi pengeluaran gaji besar pemainnya, termasuk salah satunya adalah De Gea.

Meski begitu, bukan berarti MU bakal memberikan harga mahal untuk De Gea. Mereka justru memasang label harga relatif terjangkau, hanya 50 juta poundsterling (Rp1 triliun).

Kiper internasional Spanyol itu masih mempunyai sisa kontrak dua tahun dengan bayaran 350.000 pound sterling per pekan. Manchester United harus membebaskan sebagian besar dari kontrak senilai 36,4 juta pound sterling untuk membebaskannya dari beban gaji itu.

Saat ini, MU mengeluarkan uang 570.000 pound sterling per pekan untuk lima penjaga senior mereka dan pemilik klub ingin pengeluaran itu dipangkas.

Dikutip dari Mirror, Dean Henderson meneken kontrak lima tahun dengan bayaran 100.000 pound sterling per pekan pada musim panas lalu, setelah tampil mengesankan dengan status pinjaman di Sheffield United.

Sementara itu, Sergio Romero, 34 tahun, berpenghasilan 70.000 pound sterling per pekan. Namun, dia telah diizinkan tinggal di Argentina dalam beberapa bulan terakhir kontraknya di MU setelah keputusan yang tidak dapat dijelaskan untuk pemblokiran kepindahannya ke Everton tahun lalu.

Kiper pilihan ketiga, Lee Grant, 38 tahun, dan Joel Pereira, 24 tahun, masing-masing mendapatkan 30.000 pound sterling per pekan dan 20.000 pound sterling per pekan. Keduanya akan menjadi pemain bebas transfer di akhir musim ini.

Klub Championship, Huddersfield, membayar sebagian gaji Pereira setelah merekan memboyong mantan bintang Portugal U-21 itu dengan status pinjaman.

Dengan begitu, melepas De Gea akan menjadi prioritas utama Manchester United. Mereka membanderol harga untuk kiper Spanyol itu sebesar 50 juta pound sterling. Nilai itu kemungkinan akan menjadi harga yang mahal setelah pandemi.

De Gea juga harus menerima potongan besar pada kesepakatan gaji yang membuatnya menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di Old Trafford.

Jika pindah, De Gea telah dikaitkan dengan berbagai klub dalam beberapa bulan terakhir, dengan Paris Saint-Germain (PSG) dikabarkan sebagai calon pelamar terkuat. (der/zul/fin)

Baca Juga:

  • Jozeph Paul Zhang Ternyata Lulusan SMA Favorit di Tegal, Saat Sekolah Prestasinya Biasa Saja.
  • Jozeph Paul Zhang Semakin Provokatif, Ring 1 SBY: Masak Negara Kalah Sama Satu Orang Pecundang Kayak Gini.

Berita Terkait

Berita Terbaru