Simak Nih Warga Brebes! Lima Layanan Adminduk ini Bisa Dimanfaatkan

BREBES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui dinas kependudukan dan pencatatan sipil (disdukcapil) setempat terus berupaya memaksimalkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk). Salah satunya, menyiapkan lima layanan adminduk yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Brebes Mayang Sri Herbimo mengatakan, pihaknya membuka lima layanan adminduk yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Di antaranya, layanan adminduk melalui online, offline (manual), melalui layanan di desa, dropbox dan bantuan kantor pos.

Mayang menjelaskan, dengan sistem online masyarakat bisa mengurus layanan di luar perekaman dan cetak geometrik bisa dilakukan secara online. Seperti, daftar perekaman, pembuatan Kartu Keluarga dan lainnya.

"Masyarakat bisa membuka web kami di http://pelayanan.dindukcapil.brebeskab.go.id/pelayanan/. Di situ, masyarakat bisa melakukan layanan adminduk secara online," ujarnya.

Sementara untuk cara offline, kata dia, masyarakat bisa datang langsung ke kecamatan atau ke dinas. Namun, di tengah pandemi seperti ini, pihaknya tetap mengimbau masyarakat untuk bisa mengurus adminduk melalui sistem online.

"Walaupun bisa secara manual, namun kita tetap menyarankan masyarakat untuk melakukan layanan adminduk secara online," jelasnya.

Sementara untuk layanan lewat pmerintah desa, lanjutnya, warga bisa menitipkan berkas ke desa untuk disampaikan ke dinas. Sentara dropbox, warga bisa memasukkan berkas ke kotak yang tersedia di dinas. Dan yang terakhir, warga bisa menghubungi kantor pos untuk kepengurusan adminduk.

"Dan semua layanan adminduk gratis tidak dipungut biaya. Dengan catatan, datang dan urus sendiri," pungkasnya.(ded/ima)

Baca Juga:

  • Bukti Jokowi Tak Plin plan, 18 Lembaga Negara Segera Dibubarkan.
  • Usulan RUU HIP Diganti PIP, Munarman FPI: Enggak Usah Pura-pura (Bersikap) Pancasila.

Berita Terkait

Berita Terbaru