Sindir Menantu Habib Rizieq sebagai Ketua FPI, Ade Armando: Dia sih Cuma Imam Kaleng-kalengan

JAKARTA - Penunjukkan menantu Habib Rizieq Shihab (HRS), Muhammad Husein Alatas menjadi Ketua Forum Persaudaraan Islam (FPI) langsung direspons Ade Armando. Pegiat media sosial dan pakar komunikasi itu mengomentari sosoknya yang dianggap tidak akan bisa seberpengaruh mertuanya.

Ade Armando mengatakan Husein Alatas akhir-akhir ini sangat sibuk untuk membangun imej sebagai pemimpin baru FPI. Husein, kata Ade, belakangan rajin memimpin demo-demo dan memberikan pernyataan tegas terkait isu berlatar agama yang tengah menjadi pembahasan publik.

Sebut saja polemik soal Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengenai adzan. Menurutnya Husein tengah membangun narasi agar Gus Yaqut bisa "di Ahok kan".

Narasi soal Islamophobia juga terus disuarakan Husein, dan dia terus mencari dukungan umat Islam untuk bersepaham dengannya. Hanya saja, Ade Armando menilai, sosok Husein itu tidak perlu ditakutkan, karena masyarakat Indonesia saat ini sudah mulai memahami persoalannya.

Selain itu, kelompok Husein itu juga dinilai sudah kehilangan momentum jika menginginkan kondisi seperti gerakan 212 bisa terulang kembali.

"Bagi masyarakat, isu ini sudah terasa basi. Salah satu indikatornya adalah jumlah peserta unjuk rasa. Di acara aksi di patung kuda itu yang hadir mungkin hanya sekitar 500 orang. Padahal panitia aksi sebelumnya menyatakan akan ada puluhan ribu orang datang. Ini menunjukkan bahwa betapa sudah tidak bertajinya mereka," tutur Ade Armando dalam sebuah video di Channel Youtube CokroTV berjudul 'M4NTU R1JIK JADI KETU4 0RM4S NG4MUK4N I (testing)', dilihat fin.co.id, Selasa (29/3).

Menurut Ade Armando, sosok Husein Alatas tersebut tidak akan bisa seberpengaruh mertuanya, Rizieq Shihab. "Sebagaimana tokoh peniru lainnya, dia hanya dia terlihat seperti imam kaleng-kalengan yang sudah kehilangan pijakan. Dia itu bukan siapa-siapa," tuturnya.

Sebelumnya, Menko Polhukam, Mahfud MD juga sempat mengomentari soal Front Persaudaraan Islam (FPI) itu. Ia mengaku tidak ambil pusing dengan hal tersebut, termasuk adanya menantu Rizieq Shihab yaitu Muhammad Husein Alatas yang diplot menjadi ketua umum FPI.

Mahfud MD menyebut tidak ada yang salah dengan perkumpulan FPI itu. Menurutnya, FPI itu ada bermacam-macam. Seperti Forum Perempuan Islam, Forum Perjuangan Intelektual, Forum Pertukaran Ide, dan Front Pencak Silat Ilmuwan.

Mahfud menegaskan tidak ada masalah dengan keberadaan suatu perkumpulan. Termasuk dengan FPI yang baru tersebut.

Yang penting, lanjutnya, tidak melanggar hukum. “Siapa pun boleh membuat perkumpulan-perkumpulan. Asal jangan melanggar hukum. Itu kan sama saja dengan perkumpulan pecinta motor gede (moge) atau perkumpulan arisan. Silakan saja nggak ada masalah,” papar Mahfud.

Menurutnya, FPI yang baru boleh saja beraktivitas asalkan para pengurus organisasinya tidak mendaftarkan FPI baru tersebut dengan nama dan simbol seperti organisasi yang telah dilarang pemerintah. (fin/zul)

Baca Juga:

  • Ada Pergerakan 20 Pasukan di Luar Kendali Dukung Sambo, Ketua IPW: Brimob Sampai Tak Ingin Bentrok.
  • Satgas UU Cipta Kerja Itikad Bagus Pemerintah, Ganjar: Mudah-mudahan Bisa Menyerap Aspirasi Masyarakat.

Berita Terkait

Berita Terbaru