Siswi Kabupaten Tegal Raih Medali Emas dalam Kejuaraan Nasional, Bupati: Semoga Bisa Ditiru Pelajar Lainnya

SLAWI - Pelajar putri SMK Negeri 1 Bumijawa berhasil meraih medali emas dalam Kejuaraan West Java Orienteering (JWOC) 2021 Nasional.

Via Indriani (18) warga Dukuh Duren Desa Kajenengan Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal ini merupakan atlet Orienteering Balarata Orienteering Club (BOC) SMK N 1 Bumijawa.

Ketua Pembimbing Olahraga Orienteering SMKN 1 Bumijawa Yusni Ahmad Widiyanto mengatakan, JWOC 2021 diselenggarakan di area Kebun Raya Cibodas Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat pada Sabtu-Minggu (27-28/11) lalu.

Dalam kejuaraan itu, anak didiknya berhasil meraih juara 1 Nasional di kelas W18 atau usia 18 tahun.

"Kami mengirimkan 7 atlet. Dan meraih satu medali emas. Sedang 6 lainnya, menduduki posisi ke 5, 6 dan 7," katanya.

Olahraga Orienteering ini, tambah Yusni, merupakan olahraga yang masih terbilang baru. Di Kabupaten Tegal, olahraga tersebut hadir sejak 2012 lalu. Olahraga itu adalah olahraga alam bebas yang menggunakan bantuan peta dan kompas.

Orienteering sendiri berarti melintasi di medan yang tidak diketahui. Orienteering muncul di SMK Negeri 1 Bumijawa tepatnya pada ekstrakurikuler Sispala Balarata pada tahun 2012 sampai sekarang terus berkembang.

Bahkan di sekolah ini banyak mencetak sejarah Orienteering. Pada tahun 2015 lomba Orienteering pertama di sekolah tersebut. Kemudian tahun 2017 pembentukan Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI) Pengcab Kabupaten Tegal.

"Di sekolah kami ada 10 atlet Orienteering. Mereka sudah pernah mengikuti kejuaraan di semua kelas," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Tegal Umi Azizah memberikan apresiasi terhadap SMKN 1 Bumijawa dan pelajar yang meraih prestasi. Dirinya juga memberikan penghargaan berupa uang pembinaan dan hadiah.

"Semoga prestasi ini tetap dipertahankan dan bisa ditiru oleh pelajar lainnya," tandasnya. (guh/ima)

Baca Juga:

  • Pemkab Tegal Kecolongan, Ditutup 2017 Ternyata di Eks Lokalisasi Peleman Masih Ada yang Terima Tamu.
  • Terduga Pembunuh Wanita Muda di Peleman Disebut Serahkan Diri ke Polisi.

Berita Terkait

Berita Terbaru