Sosialisasi Vaksin Covid-19, Tokoh Punakawan Turun Gunung

BUMIJAWA - Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Desa Bumijawa turun gunung sosialisasi vaksinasi Covid-19 dengan mengenakan busana tokoh punakawan. Mereka berkeliling ke sejumlah desa untuk mengajak warga mematuhi protokol kesehatan.

Sosialisasi itu dilakukan bersama dengan anggota TNI, Polri, puskesmas dan Pemerintah Desa Bumijawa.

Relawan Sibat Bumijawa Abdul Kholik, Senin (1/3) mengatakan, mereka berkeliling desa menyampaikan bahwa vaksin Covid-19 Sinovac aman dan halal. Tujuan kegiatan itu untuk mengajak masyarakat agar turut serta menyukseskan program vaksinasi yang digaungkan oleh pemerintah.

"Kami juga membagikan masker dan hand sanitizer gratis kepada warga yang kedapatan tidak memakai masker,” katanya.

Para tokoh punakawan, tambah Abdul Kholik, merupakan relawan Sibat yang mengenakan kostum ksatria khas Jawa. Saat melakukan sosialisasi, tidak sedikit warga yang terhibur dengan aksi mereka. Terlebih saat pembagian brosur berisi informasi tentang vaksinasi Covid-19, warga tampak senang dan gembira. Para tokoh punakawan ini juga mengajak masyarakat agar mendukung dan mematuhi Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Adanya tokoh punakawan ini untuk menarik masyarakat saja. Sehingga, apa yang kita sosialisasikan bisa diterima masyarakat," tambahnya.

Pada masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan. Terutama dengan menerapkan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Kepatuhan masyarakat ini kunci dari keberhasilan dalam memutus penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo menambahkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program penguatan respons Covid-19 tingkat masyarakat yang didukung oleh PMI Pusat dan Palang Merah Federasi Internasional.

Adapun, kegiatan-kegiatan sebelumnya yang sudah dilakukan di antaranya sosialisasi langsung kepada kelompok masyarakat, pembagian sembako kepada masyarakat rentan, dan pemasangan sarana cuci tangan di fasilitas umum dan pendidikan. (guh/ima)

Baca Juga:

  • Jozeph Paul Zhang Ternyata Lulusan SMA Favorit di Tegal, Saat Sekolah Prestasinya Biasa Saja.
  • Jozeph Paul Zhang Semakin Provokatif, Ring 1 SBY: Masak Negara Kalah Sama Satu Orang Pecundang Kayak Gini.

Berita Terkait

Berita Terbaru