Sungai di Jatibarang Meluap, Ratusan Rumah dan Puluhan Hektare Sawah Terendam Banjir

BREBES - Diguyur hujan semalaman, Sungai Sibiuk di Kecamatan Jatibarang meluap, Senin (12/4). Akibatnya, ratusan rumah dan puluhan hektare (ha) lahan persawahan di tiga desa terendam banjir.

Camat Jatibarang Imam Tauhid mengatakan, ada tiga desa yang terdampak banjir akibat luapan Sungai Sibiuk. Ketiga desa itu yakni, Desa Kedungtukang (sebelah barat), Desa Bojong dan Desa Kebogadung.

"Kurang lebih ada ratusan rumah yang terendam banjir. Dan puluhan hektare lahan persawahan ikut terendam akibat luapan sungai tersebut," ungkapnya.

Imam menjelaskan, di Desa Kedungtukang banjir terjadi dari pukul 04.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB. Sedangkan untuk di Desa Bojong banjir mulai sekitar pukul 04.00 WIB dan ketinggian air mencapai 1 meter.

Sementara untuk Dukuh Grayak Desa Kebogadung banjir merendam puluhan ha lahan persawahan.

"Yang paling parah itu banjir di Desa Bojong. Sebanyak 300 rumah terendam akibat banjir kali ini. Dan 30 Kepala Keluarga (KK) kita evakuasi," jelasnya.

Meski begitu, warga yang rumahnya terendam banjir sudah mulai kembali ke rumah masing-masing untuk membersihkan material banjir.

"Kondisi saat ini banjir sudah mulai surut. Dan warga sudah mulai kembali ke rumah untuk bersih-bersih," pungkasnya. (ded/ima)

Baca Juga:

  • Bukan 1, Polisi Akui Terima 3 Laporan Terkait Dugaan Benny K Harman Tampar Pegawai Restoran.
  • Jika Nasdem Bersama Golkar, PAN, PPP, dan PKB Usung Ganjar, Pengamat: Ini Skenario Jegal Anies Baswedan.

Berita Terkait

Berita Terbaru