Tagana Tanam Pohon di Area Sumber Mata Air Trembelang

BUMIJAWA - Puluhan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan relawan sosial lainnya menanam pohon di area sumber mata air Trembelang di Desa Bumijawa Kecamatan Bumijawa.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tagana ke-17 yang dipusatkan di wilayah Kecamatan Bumijawa.

Sekda Tegal Widodo Joko Mulyono, Selasa (6/4) mengatakan, bencana alam merupakan suatu peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat. Kabupaten Tegal merupakan salah satu wilayah dengan tingkat kerawanan tinggi terhadap bencana.

"Bencana alam di Kabupaten Tegal seperti angin puting beliung, tanah longsor dan bergerak. Juga kekeringan dan kebakaran serta banjir menuntut perhatian kita," katanya.

Untuk itu, pihaknya menyambut baik upaya konkret yang dilakukan teman-teman Tagana dan relawan sosial dalam upaya menggugah kesadaran masyarakat.

Salah satunya dengan melakukan penanaman pohon di area sumber mata air Trembelang di Desa Bumijawa maupun tanah warga.

"Kegiatan yang dilakukan Tagana sangat penting. Di samping memberikan edukasi pada masyarakat, sekaligus membudayakan kebiasaan leluhur," tambahnya.

Karena keterbatasan kemampuan, lanjut Widodo, terutama oleh pemerintah daerah dalam segi keuangan maupun personel dalam penanggulangan bencana, maka peran serta masyarakat maupun dunia usaha sangat diperlukan.

Dengan partisipasi aktif dan kerja sama yang baik oleh semua pihak, akan terbangun sinergitas yang sangat kuat. (guh/ima)

Baca Juga:

  • Oknum TNI-Polri Ribut Lagi, Seorang Anggota Brimob Tewas, Satu Personel Kopassus Terluka.
  • Jawab Tantangan Debat Jozeph Paul Zhang, Gus Yaqut: Tanggung Jawab Omongannya Saja Gak Berani, kok Nantang Debat?.

Berita Terkait

Berita Terbaru