Tahun Depan, Subsidi Gas Melon 3 Kg Akan Langsung Diberikan ke Warga Miskin

JAKARTA - Subsidi LPG 3 kilogram (kg) mula tahun 2022 akan diberikan langsung kepada warga miskin. Pemberian tersebut berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Nathan Kacaribu mengatakan, pemberian subsidi dengan skema tertutup ini demi berjalan lancar dan tepat sasaran.

Selain itu, kata dia, juga melakukan perbaikan sistem DTKS bersama pemerintah daerah melalui updating, verifikasi dan validasi data. "Harapannya bisa kami lakukan, kalau nanti sesuai arahan dari Badan Anggaran (Banggar), ini bisa kami lakukan pada 2022," ujar Febrio di DPR, Rabu (7/4).

Diungkapkan Febrio, selama ini terjadi selisih harga cukup tinggi dalam penyaluran subsidi LPG 3 kg, yakni sekitar Rp6-7 ribu per tabung. Untuk itu, pemerintah mengusulkan penyaluran diubah menjadi skema tertutup dan langsung kepada konsumen.

"Secara garis besar yang ingin kami usulkan, adalah transformasi ke subsidi berbasis orang program perlindungan sosial. Dalam konteks LPG misalnya, ini diarahkan ke program perlinsos," pungkasnya. (din/zul/fin)

Baca Juga:

  • Jozeph Paul Zhang Ternyata Lulusan SMA Favorit di Tegal, Saat Sekolah Prestasinya Biasa Saja.
  • Jozeph Paul Zhang Semakin Provokatif, Ring 1 SBY: Masak Negara Kalah Sama Satu Orang Pecundang Kayak Gini.

Berita Terbaru