Tak Ingin Ditimpa Gelombang Baru Covid-19, Israel Siapkan Suntikan Vaksin Dosis Keempat

TEL AVIV - Saat negara lain masih memperdebatkan atau setidaknya mempersiapkan suntikan booster Covid-19 dosis ketiga, Israel justru berancang-ancang memulai suntikan dosis keempat.

Negara Yahudi itu menyatakan tak ingin kecolongan mengalami gelombang baru serangan virus corona yang bukan hanya mengguncang layanan kesehatan, namun perpolitikan.

Direktur jenderal di Kementerian Kesehatan Israel Nachman Ash mengatakan, waktu pemberian dosis keempat memang belum diputuskan, namun jalan ke sana terbuka.

"Kami tidak tahu kapan itu akan terjadi. Saya sangat berharap itu tidak akan terjadi dalam 6 bulan ini, seperti saat ini, sehingga dosis ketiga bisa bertahan lebih lama," kata Nachman, dalam wawancara dengan Stasiun Radio 103FM.

Nachman menambahkan, berdasarkan hasil studi di dalam negeri, efek dua dosis pertama vaksin Covid-19 melemah dalam lima bulan. Karenanya, Israel menggelar suntikan booster ketiga pada bulan keenam sejak Agustus lalu.

Negara terdepan dalam perlombaan global untuk keluar dari cengkraman Covid-19 ini justru menjadi hot spot baru pada awal September dipicu varian Delta.

"Israel mencatat kasus infeksi per kapita tertinggi di dunia selama sepekan hingga 4 September," demikian data Universitas Johns Hopkins.

Negara itu mengandalkan vaksin Pfizer dalam program imunisasi nasional dan sejauh ini sudah menyuntik tiga dosis untuk sekitar 2,8 juta warganya. (fin/zul)

Baca Juga:

  • Kecelakaan di Tikungan Jalur Obyek Wisata Guci, Bus Terjun dan Miring Dalam Parit.
  • Bubarkan Paksa Massa, Aksi 212 Teriakkan Brimob Zalim!.

Berita Terkait

Berita Terbaru