Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Urunan Perbaiki Jalan Kabupaten di Desanya

JATINEGARA - Minimnya anggaran dari pemerintah daerah, membuat masyarakat merogoh koceknya sendiri iuran untuk memperbaiki jalan kabupaten di wilayahnya. Warga Desa Padasari Kecamatan Jatinegara sepakat membeli material untuk perbaikan jalan, seperti batu, pasir, dan lainnya.

"Daripada kami berharap yang belum pasti, akhirnya warga memutuskan iuran untuk memperbaiki jalan secara swadaya," kata Ketua Pemuda Dukuh Padareka Desa Padasari, Amir Syarifuddin, Rabu (20/1).

Dia menuturkan, jalan kabupaten dari Padasari hingga Padareka kondisinya rusak parah. Panjangnya sekitar 1,5 kilometer. Tak jarang pengendara terjatuh saat melintas di jalan tersebut. Sebab, selain rusak, ruas jalan juga kerap tertimbun material lumpur yang berasal dari atas bukit.

"Setiap turun hujan, lumpur dari atas bukit mengalir ke jalan, sehingga jalan menjadi licin dan mengakibatkan pengendara roda dua terjatuh," ujarnya.

Padahal, lanjut Amir, jalan itu merupakan akses penghubung satu-satunya dari Pedukuhan Padareka menuju Padasari. Tidak sedikit jumlah warga di pedukuhan tersebut. Acap kali mereka kesulitan ketika melintas di jalan itu. Warga sangat berharap Pemkab Tegal segera memperbaiki jalan tersebut.

"Sambil menunggu anggaran dari Pemkab Tegal, kami (warga) inisiatif iuran mulai dari Rp15 ribu hingga Rp 20ribu. Uangnya untuk membeli material. Dan kami kerjakan secara swadaya," ungkapnya.

Kepala Desa Padasari Mashuri, membenarkan jika di ruas jalan tersebut kondisinya rusak. Terutama di tanjakan yang sering terjadi kecelakan tunggal. Setiap turun hujan, tanjakannya licin karena dipenuhi lumpur. Sejauh ini, Mashuri mengaku sudah mengusulkan perbaikan jalan ke Pemkab Tegal. Namun, hingga kini belum direalisasi.

"Tahun ini kami juga sudah mengusulkan lagi. Semoga bisa direalisasi," harapnya. (yer/zul)

Baca Juga:

  • Bertepuk Sebelah Tangan, Laporan Kerumunan Presiden Jokowi Ditolak Polisi.
  • Kereeen... Seorang Lagi Pesepakbola Muda Indonesia Dikontrak Klub Eropa.

Berita Terkait

Berita Terbaru