Tak Murka Lagi, Presiden Jokowi Kembali Mesra dengan Prabowo

PALANG KARAYA - Kemarahan Presiden Jokowi pada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto nampaknya tak berlangsung lama.

Kamis (9/7), keduanya terlihat mesra di sela kunjungan kepala negara di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Padahal diketahui sebelumnya, saat rapat terbatas tentang percepatan penyerapan anggaran di enam kementerian dan lembaga di Istana, Selasa (7/7) lalu, Jokowi menumpahkan kekesalannya. Jokowi meminta para menteri yang kementeriannya memiliki anggaran besar membelanjakan uang di dalam negeri.

Salah satu sasarannya ialah Kementerian Pertahanan, di mana Prabowo memimpin.

"Ini Kemendikbud ada Rp70,7 triliun, Kemensos Rp104,4 triliun, Kemenhan Rp117,9 triliun, Polri Rp92,6 triliun, Kemenhub Rp32,7 triliun. Saya minta di kementerian dan juga di kepolisian ini dipercepat semuanya belanjanya," kata Jokowi saat itu.

Nah, dikutip dari JPNN, pagi tadi, kekesalan seakan langsung sirna berganti dengan kemesraan.

Peristiwa itu terlihat saat suami Bu Iriana itu tiba pada pukul 08.45 WIB di Bandar Udara Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya.

Jokowi langsung menuju helikopter Super Puma TNI AU menuju Kabupaten Kapuas. Turut mendampinginya Prabowo. Namun, ada yang berbeda dengan helikopter kepresidenan yang ditumpangi presiden ini. Helikopter berwarna merah putih tersebut bukanlah yang baru. Ini merupakan helikopter yang biasa digunakan presiden saat kunjungan kerja dan kini telah dicat ulang yang merupakan bagian dari pemeliharaan.

Sekretaris Militer (Sesmil) Presiden Mayjen TNI Suharyanto menyampaikan, dirinya awalnya melaporkan kepada presiden tentang helikopter kepresidenan harus memasuki pemeliharaan rutin pada Maret lalu.

“Presiden berpesan agar selain dilakukan pemeliharaan berkala juga diberikan nuansa berbeda yang lebih Indonesia pada helikopter tersebut,” ucap Suharyanto.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, pihaknya memutuskan untuk mengganti warna menjadi merah putih. Sebelumnya helikopter tersebut didominasi warna biru.

“Kami memutuskan untuk mengganti warnanya dengan merah putih dan presiden menyetujuinya. Warna ini juga dipilih untuk lebih menyemarakkan perayaan 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia,” ucap Heru.

Dalam penerbangan menuju Kabupaten Kapuas, protokol kesehatan tetap dikedepankan. Di dalam helikopter yang ditumpangi presiden biasanya diisi oleh sepuluh orang, kali ini hanya diisi lima orang. Presiden hanya didampingi Prabowo Subianto dan tiga orang perangkat melekat lainnya, yaitu Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Dan Grup A Paspampres Kolonel Inf. Achiruddin, dan Ajudan Presiden Kolonel Inf. Rudi Saladin. (tan/jpnn/ima)

Baca Juga:

  • Terus Merebak, Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Brebes Capai 64 Kasus.
  • Tak Ada Prediksi Akurat, Pengamat: Zona Hijau Bisa Tiba-tiba Berubah Jadi Merah Bahkan Hitam.

Berita Terkait

Berita Terbaru