Tak Perlu ke Slawi, Bupati Minta Akta Kelahiran, Kematian, dan Perubahan Kartu Keluarga Selesai di Desa

SLAWI - Bupati Tegal Umi Azizah meminta kepala desa (kades) tempatkan kepuasan warganya sebagai indikator utama pelayanan publik. Salah satunya dengan membuka layanan pengurusan dokumen administrasi kependudukan (adminduk) di balai desa.

Permintaan Umi diungkapkannya usai melantik dua kepala desa pengganti antar waktu (PAW) di Pendapa Amangkurat, Jumat (9/4) lalu. Menurut Umi, Pemkab Tegal melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tegal telah menyediakan Sistem Informasi Registrasi Penduduk (SIReP).

Melalui layanan adminduk berbasis jaringan internet ini, akta kelahiran dan akta kematian berikut perubahan kartu keluarga bisa diurus dan selesai cepat di tingkat desa.

“Lewat SIReP, seluruh pemerintah desa dan kelurahan kini sudah bisa membuka layanan adminduknya. Tak perlu jauh-jauh datang ke kantor kecamatan, apalagi ke Slawi, cukup di balai desa, danan gratis,” kata Umi.

Sementara itu, dua orang kades yang dilantik adalah Kepala Desa Mejasem Barat Kecamatan Kramat, Yuswan Maulana dan Kepala Desa Suradadi Kecamatan Suradadi, Tri Susanto. Keduanya diminta Umi segera menyesuaikan diri, mempelajari tata kelola pemerintahan desa yang baik, beretika, dan terbuka serta tidak memberikan celah atau kesempatan terjadinya korupsi.

“Kehadiran saudara sebagai pemimpin tentunya harus bisa menghadirkan warna perubahan positif bagi desa. Memastikan layanan publiknya berjalan baik, terutama layanan administrasinya yang harus lebih cepat, mudah, terbuka dan ramah kepada warganya, tanpa diskriminasi. Tidak ada pungutan liar di luar ketentuan yang berlaku. Dan untuk mewujudkan ini, kuncinya hanya satu, yaitu integritas,” ujarnya.

Sementara itu, ditemui usai acara, baik Yuswan maupun Tri Susanto sebagai Kades yang baru dilantik mengaku senang dan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Bupati Tegal yang telah berkenan melantiknya secara langsung.

“Mohon doa restunya agar ke depan kami bisa mengemban amanat, melaksanakan tugas sebaik-baiknya, terutama dalam menghadirkan layanan publik prima sebagaimana yang ditekankan ibu bupati. Mampu bekerjasama dengan seluruh elemen pembangunan sebagaimana tujuan kita membangun masyarakat desa yang guyub rukun,” kata Yuswan. (guh/zul)

Baca Juga:

  • Wakil Gubernur Jatim Akui Berselingkuh saat Belum Kenal Arumi Bachsin.
  • Arumi Bachsin Takut Suaminya Wakil Gubernur Jatim Menikah Lagi, Emil Dardak: Punya Satu Istri Saja Sudah Repot.

Berita Terkait

Berita Terbaru